SEC Tunda Keputusan Pengajuan ETF Bitcoin Ark Invest dan 21Shares, Ada Apa?

author:

SEC Tunda Keputusan Pengajuan ETF Bitcoin Ark Invest dan 21Shares, Ada Apa?

Hingga detik ini, Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) belum memberikan keputusan terkait proposal ETF Bitcoin spot yang diajukan oleh Ark Invest dan 21Shares. Meskipun belum ada keputusan pasti, langkah ini menunjukkan pendekatan hati-hati SEC terhadap produk crypto.

SEC Bertindak Hati-Hati: Penundaan dan Perspektif Ark Invest

SEC, dalam pemberitahuan tertanggal 11 Agustus 2023, membuka periode komentar selama 21 hari untuk ETF Bitcoin Ark Invest dan 21Shares setelah publikasi di Federal Register. Ark awalnya mengajukan untuk mencantumkan ETF pada Mei, memberikan SEC maksimal 240 hari, hingga Januari 2024, untuk mencapai keputusan akhir.

Baca juga: Analis ETF Menaikkan Peluang Persetujuan ETF Bitcoin Spot di AS Menjadi 65%!

CEO Ark Invest, Cathie Wood, dalam wawancara pada 7 Agustus 2023, mengatakan bahwa dia mengharapkan SEC untuk menunda keputusannya. Namun, dia juga memprediksi bahwa komisi tersebut dapat menyetujui beberapa ETF Bitcoin spot secara bersamaan di masa depan.

SEC memiliki 240 hari, dibagi menjadi empat periode 45 hari, 45 hari, 90 hari, dan 60 hari, untuk mempertimbangkan proposal ETF Bitcoin di depan mereka. Pada akhir tiga periode pertama, SEC harus memutuskan apakah akan meluncurkan produk yang direncanakan, menghalanginya, atau mengatakan memerlukan lebih banyak waktu.

Sejarah dan Dinamika Proposal ETF Bitcoin

ark investment antrian nomor 1 etf bitcoin
Bitcoin News

Diskusi mengenai ETF Bitcoin spot mendapat dorongan ketika raksasa manajemen aset BlackRock mengajukan aplikasi untuk produk semacam itu pada Juni 2023. Sejumlah perusahaan yang sebelumnya telah mencoba dan gagal membawa ETF Bitcoin ke pasar selama dekade terakhir, dengan cepat mengajukan proposal serupa beberapa hari setelahnya.

Namun, Ark Invest dan 21Shares telah bersama-sama mengungkapkan rencana untuk ETF Bitcoin mereka sendiri pada April 2023, menempatkan mereka di depan gelombang pengajuan terbaru.

SEC sebelumnya telah menolak proposal ETF crypto dari perusahaan, dengan alasan mereka tidak dirancang untuk mencegah tindakan dan praktik penipuan dan manipulatif atau melindungi investor.

Baca juga: NYDIG Prediksi ETF Bitcoin Spot Berpotensi Bawa Permintaan Baru Senilai Rp450 Triliun!

Apa Langkah Selanjutnya?

Dengan penundaan ini, tanggal berikutnya di mana SEC diatur untuk memutuskan atau menunda keputusannya untuk ETF Bitcoin Ark dan 21Shares adalah 11 November, menurut analis Bloomberg Intelligence, James Seyffart.

SEC harus memutuskan satu arah atau lainnya pada akhir 240 hari, periode yang diatur untuk berakhir pada 10 Januari. Meskipun keputusan ditunda, banyak yang berharap bahwa SEC akan memberikan lampu hijau untuk ETF Bitcoin di masa depan, mengingat minat yang meningkat dan permintaan pasar untuk produk semacam itu.

Pada akhirnya, penundaan SEC mengenai keputusan ETF Bitcoin menunjukkan pendekatan regulator yang berhati-hati terhadap produk crypto. Meskipun banyak yang berharap keputusan positif, industri harus menunggu dan melihat bagaimana regulator akan bergerak mengenai isu ini di bulan-bulan mendatang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: