SEC Amerika Serikat Menunda Keputusan ETF Ethereum hingga Mei 2024!

author:

SEC Amerika Serikat Menunda Keputusan ETF Ethereum hingga Mei 2024!

Kabar terbaru datang dari pasar crypto, di mana SEC Amerika Serikat menunda keputusan penting yang sangat ditunggu-tunggu oleh para investor. Keputusan ini berkaitan dengan persetujuan sejumlah ETF berbasis Ethereum yang kini harus menunggu hingga Mei 2024.

Bagaimana hal ini mempengaruhi pasar dan apa yang bisa diharapkan?

Penundaan SEC Membuat Pasar Menanti

SEC telah mengumumkan penundaan keputusan untuk beberapa ETF Ethereum, termasuk produk dari Hashdex, Grayscale, VanEck, dan ARK Invest/21Shares. Penundaan ini memicu spekulasi dan antisipasi di kalangan investor yang menantikan akses institusional ke Ethereum melalui produk ETF.

Baca juga: BlackRock dan ARK Merevisi Rencana ETF Bitcoin dengan Model Cash-Only kepada SEC

Hashdex berencana meluncurkan ETF campuran, sementara Grayscale ingin mengubah Ethereum Trust menjadi produk spot. Penundaan ini bukan hanya mengecewakan, tetapi juga menimbulkan pertanyaan tentang kapan SEC akan siap menyetujui produk berbasis crypto ini.

Seyffart dari Bloomberg memprediksi bahwa keputusan akhir akan diumumkan pada akhir Mei 2024. Sementara itu, pasar tetap optimis dengan harapan bahwa keputusan ini akan membawa perubahan positif bagi aksesibilitas crypto.

Analisis Pasar dan Prediksi Keputusan

sec tinjau kembali bitcoin etf spot
Sumber: Financial Times

Meskipun SEC telah menyetujui ETF berbasis futures Ethereum, mereka belum memberikan lampu hijau untuk produk spot atau campuran. Analis Bloomberg, Seyffart dan Balchunas, memberikan harapan dengan memperkirakan peluang persetujuan ETF Bitcoin spot mencapai 90%.

Hal ini telah memberikan dorongan positif bagi harga Bitcoin yang meningkat lebih dari 44% dalam enam bulan terakhir. Ethereum, meskipun dengan kenaikan yang lebih moderat sebesar 16,8%, juga menunjukkan tren positif.

Keputusan SEC yang tertunda ini dianggap sebagai penghalang bagi pengembangan pasar dan akses investor ke peluang investasi yang lebih beragam. Namun, SEC tetap pada pendiriannya untuk melakukan evaluasi menyeluruh demi mencegah aktivitas penipuan dan melindungi kepentingan investor.

Baca juga: Transksi On-Chain ETH Melonjak: Alamat Unik Bertambah Setelah SEC Beri Isyarat Persetujuan ETF Ethereum!

Partisipasi Publik dan Dampaknya Terhadap Keputusan

SEC mengundang partisipasi publik untuk memberikan komentar mengenai perubahan aturan yang diusulkan untuk ETF Ethereum. Proses ini dianggap penting dalam membentuk lanskap investasi crypto di pasar AS.

SEC menekankan bahwa proses ini tidak menunjukkan kesimpulan apa pun dari komisi terkait isu yang ada. Keterlibatan publik ini memberikan kesempatan bagi komunitas crypto untuk berpartisipasi dalam proses regulasi.

Keputusan akhir yang akan diambil oleh SEC tidak hanya akan mempengaruhi perusahaan pengelola aset yang mengajukan ETF, tetapi juga akan memberikan sinyal penting bagi masa depan investasi crypto di Amerika Serikat.

Secara keseluruhan, penundaan SEC atas ETF Ethereum mungkin mengecewakan bagi beberapa pihak, namun ini memberikan waktu tambahan bagi pasar untuk bersiap dan bagi SEC untuk memastikan keputusan yang diambil adalah yang terbaik bagi semua pihak.

Dengan harapan tinggi dan pasar yang terus berkembang, Mei 2024 akan menjadi bulan yang menentukan bagi masa depan crypto dan ETF di Amerika Serikat.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: