SEC Tunda Keputusan ETF Ethereum, Harga ETH Terombang-ambing!

author:

SEC Tunda Keputusan ETF Ethereum, Harga ETH Terombang-ambing!

Jakarta, Pintu News – Dunia crypto kembali dikejutkan dengan keputusan terbaru dari Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) yang menunda persetujuan untuk ETF Ethereum Futures dari Grayscale.

Keputusan ini telah menimbulkan berbagai spekulasi dan mempengaruhi harga Ethereum di pasar.

Mari kita selami lebih dalam apa yang sebenarnya terjadi dan dampaknya terhadap ekosistem crypto.

Penundaan SEC yang Tak Terduga

SEC telah memutuskan untuk memperpanjang batas waktu keputusan persetujuan ETF Ethereum Futures Grayscale hingga 30 Mei 2024 mendatang. Keputusan ini diambil karena SEC memerlukan lebih banyak waktu untuk mempertimbangkan perubahan aturan yang diusulkan dan isu-isu yang muncul dari sana.

Baca juga: Ethereum Terjun Bebas: Para Trader Lepas $109 Juta ETH, Apakah ETH akan Jatuh Hingga $3K?

Penundaan ini bukanlah yang pertama, mengingat SEC sebelumnya juga telah menunda keputusan mereka berkali-kali terkait produk ETF berbasis crypto lainnya.

Penundaan ini menimbulkan berbagai reaksi di kalangan analis dan pengamat pasar. James Seyffart, seorang analis ETF dari Bloomberg, menyatakan bahwa penundaan ini sudah diperkirakan dan menunjukkan strategi Grayscale yang cermat dalam mengamankan persetujuan untuk ETF Ethereum spot dari SEC di masa depan.

Dampak terhadap Harga Ethereum

Harga Ethereum, mata uang asli dari blockchain Ethereum, mengalami penurunan signifikan sekitar 18% sejak mencapai puncaknya pada 11 Maret.

Pada 23 Maret 2024, Ethereum diperdagangkan dengan penurunan 5,16% di harga $3.326 dengan kapitalisasi pasar sebesar $400 miliar. Penurunan ini terjadi di tengah meningkatnya aktivitas whale Ethereum di pasar, yang mencerminkan minat dan aktivitas yang tinggi di antara investor skala besar.

Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa indeks kekuatan relatif (RSI) Ethereum telah turun ke level terendah sejak terakhir kali mencapai dasar harga pada akhir Januari.

Hal ini menunjukkan bahwa mungkin ada peluang pembelian yang menguntungkan bagi investor yang memperhatikan indikator teknis ini.

Baca juga: Ethereum Dalam Sorotan SEC: Apakah Ini Akhir dari ETF Ethereum?

Spekulasi dan Harapan Masa Depan

sec periksa ethereum
Sumber: U Today

Penundaan SEC terhadap keputusan ETF Ethereum Futures Grayscale telah menimbulkan spekulasi di kalangan komunitas crypto. Beberapa berpendapat bahwa SEC mungkin mengambil sikap yang lebih keras terhadap ETF berbasis crypto di masa depan, terutama setelah persetujuan ETF Bitcoin spot.

Keputusan ini juga mempengaruhi perusahaan manajemen aset lain yang mengajukan ETF Ethereum, termasuk BlackRock dan Fidelity, yang keputusannya juga ditunda oleh SEC.

Penundaan ini menimbulkan pertanyaan tentang masa depan ETF berbasis Ethereum dan bagaimana hal ini akan mempengaruhi ekosistem crypto secara keseluruhan.

Investor dan penggemar crypto kini menantikan keputusan SEC berikutnya dengan harapan akan ada kejelasan lebih lanjut mengenai regulasi dan persetujuan produk crypto di pasar keuangan utama.

Secara keseluruhan, penundaan SEC terhadap ETF Ethereum Futures Grayscale telah menimbulkan gelombang kekhawatiran dan spekulasi di pasar crypto. Dampak langsungnya terlihat pada harga Ethereum yang mengalami penurunan.

Namun, ini juga membuka diskusi lebih luas tentang masa depan regulasi crypto dan bagaimana industri ini akan beradaptasi dengan kebijakan yang berubah-ubah. Investor dan pengamat pasar kini menunggu dengan penuh antisipasi untuk melihat bagaimana keputusan ini akan membentuk lanskap crypto di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Blogtienao