Lagi, SEC Tunda Keputusan ETF Bitcoin Spot Sampai Januari 2024!

author:

Lagi, SEC Tunda Keputusan ETF Bitcoin Spot Sampai Januari 2024!

Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) kembali menunda keputusan mengenai serangkaian aplikasi ETF Bitcoin spot yang telah menumpuk. Dengan banyak mata yang menunggu keputusan ini, apa yang sebenarnya sedang terjadi di balik layar?

SEC Menunda Lagi ETF Bitcoin Spot

Baru-baru ini, SEC telah mengumumkan penundaan keputusan mengenai aplikasi ETF Bitcoin spot dari ARK 21Shares dan GlobalX. Meskipun keputusan untuk ARK/21Shares seharusnya diberikan pada 11 November 2023, SEC telah memutuskan untuk menundanya lebih awal.

Baca juga: Ketidakpastian Regulasi Crypto di AS: Apa Kata Hester Peirce dari SEC?

Dalam pengumuman resminya, SEC menetapkan tanggal 10 Januari 2024 sebagai batas waktu akhir untuk memberikan persetujuan atau penolakan terhadap perubahan aturan yang diusulkan oleh ARK.

Penundaan ini datang setelah serangkaian penundaan sebelumnya pada aplikasi dari perusahaan lain yang jatuh tempo pada awal September 2023.

Tuntutan dari Kongres dan Kemenangan Grayscale

grayscale sec

Baru-baru ini, sekelompok anggota kongres yang mendukung crypto mengirim surat kepada ketua SEC, Gary Gensler, mendesaknya untuk tidak mendiskriminasi produk bursa yang diperdagangkan di spot Bitcoin.

Bulan lalu, Grayscale memenangkan gugatan melawan SEC dengan berargumen bahwa lembaga tersebut bersikap semena-mena dalam penolakan ETF Bitcoin spot mereka, sementara pada saat yang sama menyetujui ETF berjangka.

Kemenangan ini meningkatkan antisipasi investor tentang langkah selanjutnya dari SEC, apakah akan menyetujui ETF spot atau mengajukan banding atas keputusan pengadilan.

Baca juga: Guncang Pasar Crypto, Bitwise Bagikan Update Pengajuan ETF Bitcoin!

Harapan dan Spekulasi Mengenai Keputusan SEC

Dengan penundaan terbaru ini, banyak yang berspekulasi tentang kemungkinan keputusan SEC di masa depan. James Seyffart, analis ETF dari Bloomberg, berpendapat bahwa penundaan mungkin telah mengakhiri harapan akan persetujuan produk tersebut pada akhir tahun ini.

Lebih lanjut, Seyffart juga menyarankan bahwa SEC mungkin sedang bersiap-siap menghadapi kemungkinan penutupan pemerintah federal dan ingin menyelesaikan urusan ini sebelumnya.

Sementara itu, Bitwise, pesaing lain dalam perlombaan ETF Bitcoin, baru-baru ini mengajukan amandemen untuk aplikasinya dengan argumen baru melawan alasan penolakan SEC terhadap ETF spot.

Dengan keputusan SEC yang terus ditunda, industri crypto tetap berada dalam keadaan ketidakpastian. Namun, dengan meningkatnya tekanan dari berbagai pihak, banyak yang berharap akan ada kejelasan dalam waktu dekat.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: