SEC Tunda Keputusan ETF Bitcoin: Apa Alasannya?

SEC Tunda Keputusan ETF Bitcoin: Apa Alasannya?

SEC Amerika Serikat kembali menunda keputusan atas enam aplikasi untuk ETF Bitcoin spot dari berbagai perusahaan, termasuk WisdomTree, VanEck, Invesco Galaxy, Bitwise, dan Valkyrie, serta Wise Origin Bitcoin Trust yang diusulkan oleh Fidelity.

Penundaan ini memberikan waktu tambahan 45 hari kepada regulator untuk mempertimbangkan perubahan aturan yang diusulkan, yang berarti SEC memiliki waktu hingga Oktober untuk menyetujui, menolak, atau menunda keputusan lebih lanjut.

Lalu, apa alasan penundaan ini dan bagaimana dampaknya pada pasar crypto? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Alasan Penundaan dan Spekulasi

Penundaan ini terjadi setelah spekulasi bahwa SEC bisa menyetujui ETF Bitcoin spot di AS untuk pertama kalinya, terutama setelah komisi tersebut kalah dalam kasus pengadilan yang diajukan oleh manajer aset Grayscale.

Pengadilan banding memutuskan pada 29 Agustus 2023 bahwa SEC perlu meninjau kembali petisi Grayscale untuk mengubah Bitcoin Trust-nya menjadi ETF. Hal ini membuat banyak ahli berpendapat bahwa peluang persetujuan setidaknya satu ETF crypto spot telah meningkat secara signifikan.

Baca Juga: Semakin Dilirik, ETF Bitcoin Kini Meluncur di Bursa Saham Amsterdam!

Dampak pada Harga Bitcoin dan Pasar

Berita penundaan ini mempengaruhi harga Bitcoin, yang turun sekitar 5,1% dalam 24 jam terakhir, per 1 September 2023. Meskipun demikian, penundaan ini sudah banyak diperkirakan oleh analis, dengan beberapa percaya bahwa regulator akan menunggu untuk memutuskan semua dana yang diusulkan pada saat yang sama.

Baca Juga: Kemenangan Grayscale Atas SEC: Awal Baru untuk ETF Bitcoin?

Apa yang Diharapkan Selanjutnya?

etf bitcoin delay
Sumber: Coin Culture

Dengan tenggat waktu keputusan yang diperpanjang hingga pertengahan Oktober 2023, banyak pihak yang menunggu dengan penuh antisipasi.

SEC sendiri menyatakan bahwa penundaan ini diperlukan untuk memberikan waktu yang cukup bagi komisi untuk mempertimbangkan perubahan aturan yang diusulkan dan masalah-masalah yang muncul dari situ. Ini menunjukkan bahwa SEC sangat berhati-hati dalam mempertimbangkan legalitas dan dampak dari ETF Bitcoin spot.

Penundaan keputusan ETF Bitcoin oleh SEC menunjukkan kehati-hatian regulator dalam menghadapi produk investasi berbasis crypto. Meski demikian, ini juga membuka peluang untuk persetujuan di masa mendatang, terutama setelah kekalahan SEC dalam kasus dengan Grayscale.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: