Bitcoin Terancam Jatuh? SEC Bisa Tolak ETF Spot Bitcoin!

Bitcoin Terancam Jatuh? SEC Bisa Tolak ETF Spot Bitcoin!

Kabar mengejutkan datang dari pasar crypto yang mungkin akan mengguncang stabilitas harga Bitcoin. Analis dari Matrixport, Markus Thielen, memprediksi bahwa SEC akan menolak semua proposal ETF spot Bitcoin pada bulan Januari ini, bertentangan dengan ekspektasi pasar yang selama ini cukup optimis.

Penolakan SEC dan Dampaknya bagi Bitcoin

Jika SEC memutuskan untuk menolak proposal ETF spot Bitcoin, Thielen memperkirakan akan terjadi likuidasi besar-besaran yang berujung pada penurunan harga Bitcoin. Diperkirakan, penolakan tersebut bisa memicu penurunan harga Bitcoin hingga 20%, yang berarti harga bisa kembali ke kisaran $36.000 hingga $38.000.

Ini merupakan pukulan berat mengingat Bitcoin saat ini diperdagangkan di harga $44.562. Penolakan dari SEC ini akan mempengaruhi investor yang telah menanamkan dana dalam jumlah besar pada crypto melalui kontrak berjangka Bitcoin.

Baca Juga: Terobosan Baru di Dunia Crypto: Inovasi Tanpa Restu Regulator

Likuidasi yang terjadi bisa memicu efek domino pada pasar crypto, yang pada akhirnya akan mempengaruhi nilai tukar Bitcoin secara signifikan. Investor jangka panjang perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi volatilitas yang mungkin terjadi.

Harapan Pasar Terhadap ETF Spot Bitcoin

etf bitcoin spot
Sumber: The Coin Republic

Selama bertahun-tahun, industri crypto telah berusaha keras untuk mendapatkan persetujuan ETF spot Bitcoin dari SEC. Dengan 14 manajer aset termasuk BlackRock, Fidelity, Franklin Templeton, Valkyrie, dan VanEck yang mengajukan proposal, harapan pasar terhadap persetujuan ini sangat tinggi.

ETF spot Bitcoin dianggap sebagai langkah penting untuk meningkatkan adopsi crypto di kalangan investor tradisional. Persetujuan ETF spot Bitcoin oleh SEC akan menjadi tonggak sejarah bagi pasar crypto, karena akan memberikan akses yang lebih mudah dan teratur bagi investor untuk memasuki pasar Bitcoin.

Hal ini juga diharapkan dapat meningkatkan legitimasi dan stabilitas pasar crypto secara keseluruhan. Namun, jika SEC menolak proposal tersebut, harapan ini akan tertunda dan pasar mungkin harus menunggu lebih lama lagi.

Prospek Jangka Panjang Bitcoin

Meskipun penolakan ETF spot Bitcoin oleh SEC bisa menyebabkan volatilitas jangka pendek, Thielen tetap optimis terhadap prospek jangka panjang Bitcoin. Berdasarkan pola historis tahun pemilihan di AS dan siklus penambangan Bitcoin, Matrixport memperkirakan nilai Bitcoin akan melampaui titik awal tahun ini sebesar $42.000 pada akhir tahun.

Prospek bullish ini memberikan sedikit hiburan bagi investor jangka panjang yang mungkin kecewa dengan keputusan SEC. Dengan mempertimbangkan siklus pemilihan dan penambangan, investor yang sabar dan berpandangan jauh ke depan mungkin akan melihat keuntungan yang signifikan dari investasi mereka di masa depan.

Paragraf Penutup

Kendati ada potensi penolakan dari SEC yang bisa menggoyahkan pasar, pandangan jangka panjang terhadap Bitcoin tetap positif. Investor yang bersabar dan tidak tergoyahkan oleh volatilitas jangka pendek mungkin akan mendapatkan imbal hasil yang memuaskan. Tetaplah waspada dan siap untuk setiap kemungkinan yang terjadi di pasar crypto.

Baca Juga: Regulasi Bitcoin: Dari Tingkat Negara Bagian hingga Potensi ETF di AS

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi