SEC Tidak akan Mengajukan Banding atas Keputusan Pengadilan Tentang Grayscale Bitcoin ETF

author:

SEC Tidak akan Mengajukan Banding atas Keputusan Pengadilan Tentang Grayscale Bitcoin ETF

Dengan tenggat waktu yang mendekat, semua mata tertuju pada Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) terkait keputusan mereka mengenai ETF Bitcoin Grayscale. Dengan potensi untuk mengubah cara kita melihat ETF Bitcoin, apa yang diharapkan dari SEC?

Keputusan Pengadilan dan Tantangan SEC

sec tunda keputusan bitcoin etf spot
Sumber: Financial Times

Pada 29 Agustus 2023, Pengadilan Banding Distrik Columbia AS memutuskan bahwa SEC bersikap sewenang-wenang dalam menolak aplikasi konversi ETF Bitcoin Grayscale.

Baca juga: Ketidakpastian Regulasi Crypto di AS: Apa Kata Hester Peirce dari SEC?

Keputusan ini berpotensi menjadi preseden bagi institusi keuangan besar seperti Blackrock dan Fidelity dalam mendukung persetujuan ETF Bitcoin.

Jika SEC tidak mengajukan banding terhadap keputusan ini pada 13 Oktober 2023, ini dapat meningkatkan peluang persetujuan ETF Bitcoin di Amerika Serikat.

Dampak Terhadap Harga Bitcoin dan Industri

Jika SEC memutuskan untuk tidak mengajukan banding, ini dapat dianggap sebagai tanda bullish bagi stabilitas harga Bitcoin, terutama menjelang pemotongan hadiah blok Bitcoin pada 2024.

Komunitas crypto akan memantau langkah-langkah SEC hingga akhir hari pada 13 Oktober. Beberapa pengamat, seperti Dan Gambardello, berpendapat bahwa SEC akan “gila untuk mengajukan banding” terhadap keputusan pengadilan.

Keputusan ini dapat menandai kemunduran pertama bagi SEC dan Ketua Gary Gensler jika aplikasi ETF spot disetujui.

Baca juga: Lagi, SEC Tunda Keputusan ETF Bitcoin Spot Sampai Januari 2024!

Masa Depan ETF Bitcoin di AS

SEC telah menghadapi kritik selama bertahun-tahun karena sikap regulasi anti-crypto di AS, berbeda dengan negara-negara maju lainnya.

Jika Grayscale Bitcoin ETF disetujui, ini dapat membuka pintu bagi banyak aplikasi ETF Bitcoin lainnya yang sedang menunggu keputusan.

status etf bitcoin spot
Sumber: Twitter

Pengamat industri, seperti James Seyffart dari Bloomberg, telah menyatakan optimisme bahwa persetujuan ETF Bitcoin spot mungkin terjadi pada Januari 2024. Ke depannya, Seyffart menyarankan bahwa kemungkinan besar “kita akan mengetahui dalam satu atau dua minggu ke depan” berapa tenggat waktu bagi SEC untuk menyetujui atau menolak aplikasi ETF spot BTC Grayscale.

Pada akhirnya, keputusan SEC mengenai ETF Bitcoin Grayscale dapat memiliki dampak jangka panjang pada industri crypto. Dengan potensi untuk mengubah cara kita melihat investasi Bitcoin, dunia menunggu dengan napas yang tertahan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: