SEC Terungkap Gunakan AI untuk Pantau Pasar Keuangan, Apa yang Mereka Cari?

SEC Terungkap Gunakan AI untuk Pantau Pasar Keuangan, Apa yang Mereka Cari?

Ketua United States Securities and Exchange Commission (SEC), Gary Gensler, baru-baru ini mengungkapkan bahwa lembaganya saat ini menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk memantau sektor keuangan guna mendeteksi tanda-tanda penipuan dan manipulasi. Meskipun SEC dikenal dengan pendekatannya yang berbasis data, penggunaan AI oleh mereka belum banyak diketahui publik hingga kini.

SEC dan Integrasi Teknologi AI

Dilansir dari Cointelegraph, Gary Gensler sebelumnya telah memberikan pidato di depan National Press Club pada 17 Juli 2023, di mana ia menyampaikan alasan mengapa teknologi AI harus diintegrasikan ke dalam skema pengawasan SEC.

Namun, hingga saat ini, penggunaan eksplisit teknologi tersebut oleh lembaga belum diumumkan secara luas kepada publik. Meskipun demikian, Gensler menegaskan bahwa SEC telah menggunakan AI dalam beberapa pengawasan pasar dan tindakan penegakan hukum untuk mencari pola di pasar.

Baca Juga: Revolusi ETF Ethereum: SEC AS Siap Sahkan Banyak Aplikasi Secara Bersamaan!

Alasan di Balik Penggunaan AI oleh SEC

sec dan ai
Sumber: CNBC

Dalam responsnya kepada Sen. Catherine Cortez Masto, Gensler menjelaskan bahwa salah satu alasan SEC meminta dana tambahan dari Kongres untuk tahun 2024 adalah untuk meningkatkan anggaran teknologi mereka, khususnya untuk teknologi-teknologi emergent seperti AI.

Meskipun penggunaan teknologi AI oleh SEC mungkin tidak mengejutkan bagi beberapa pihak, kurangnya pernyataan formal dari lembaga tentang penggunaannya menjadi hal yang menarik.

Baca Juga: Sigap Menghadapi Tuntutan SEC, Binance US Rekrut Tim Hukum Terbaik!

Implikasi Penggunaan AI dalam Pengawasan Keuangan

Berdasarkan deskripsi yang diberikan oleh Gensler, masih belum jelas bentuk AI apa yang digunakan oleh lembaga. Namun, SEC telah mengajukan banyak laporan analisis mengenai penggunaan AI dan perdagangan algoritmik oleh aktor di pasar keuangan.

Dengan kemampuan AI dalam menganalisis jumlah data yang besar, SEC dapat lebih efektif dalam mendeteksi anomali dan aktivitas mencurigakan di pasar.

Pengungkapan ini menyoroti pentingnya teknologi dalam membentuk masa depan pengawasan keuangan. Dengan bantuan AI, SEC berharap dapat lebih proaktif dan efisien dalam mengidentifikasi dan menangani potensi risiko di pasar keuangan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: