Proses Review Dimulai, SEC Menerima Permohonan ETF Bitcoin BlackRock dan Lainnya

author:

Proses Review Dimulai, SEC Menerima Permohonan ETF Bitcoin BlackRock dan Lainnya

Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) telah menerima aplikasi dari BlackRock untuk sebuah ETF (Exchange-Traded Fund) Bitcoin spot, yang menandai awal dari proses review resmi. Langkah ini menunjukkan kesiapan SEC untuk mengeksplorasi ide ETF Bitcoin spot dan menilai dampak potensialnya di pasar.

Penerimaan Aplikasi ETF Bitcoin BlackRock oleh SEC

Secara singkat, ETF Bitcoin spot adalah produk investasi yang melacak nilai Bitcoin dan diperdagangkan di bursa tradisional, mirip dengan saham. Penerimaan aplikasi ini oleh SEC adalah langkah penting dalam pengakuan produk investasi berbasis crypto oleh regulator keuangan utama.

BlackRock adalah pemain penting dalam industri keuangan, dan keterlibatannya dalam perlombaan ETF Bitcoin spot ini membawa signifikansi yang besar. Sebagai salah satu manajer aset terbesar di dunia, BlackRock memiliki pengaruh yang signifikan dalam industri keuangan. Keterlibatannya dalam ruang crypto menunjukkan pengakuan yang semakin meningkat terhadap nilai dan potensi Bitcoin dan cryptocurrency lainnya sebagai aset investasi yang sah.

Baca juga: CEO BlackRock Larry Fink: “Bitcoin Bisa Ubah Dunia Keuangan”!

Penerimaan aplikasi BlackRock oleh SEC juga menunjukkan bahwa regulator keuangan siap untuk mengevaluasi dan mempertimbangkan manfaat dan risiko potensial yang terkait dengan ETF Bitcoin spot. Meskipun ini adalah langkah awal dalam perjalanan regulasi yang panjang, ini menunjukkan kesiapan SEC untuk mempertimbangkan manfaat dan risiko potensial yang terkait dengan ETF Bitcoin spot. Ini adalah langkah maju yang signifikan dalam pengakuan produk investasi berbasis crypto oleh regulator keuangan utama.

Pengakuan SEC terhadap Aplikasi Lainnya

ketua sec as gary gensler
Unsplash

Selain aplikasi BlackRock, SEC juga mengungkapkan bahwa mereka sedang meninjau aplikasi ETF Bitcoin lainnya seperti Wise Origin Bitcoin Trust, WisdomTree, VanEck, dan Invesco Galaxy.

Pendekatan proaktif ini menunjukkan pengakuan yang semakin meningkat terhadap permintaan opsi investasi Bitcoin yang diatur. Lebih lanjut, hasil dari review ini akan membentuk masa depan produk investasi cryptocurrency dan berpotensi membuka jalan untuk peningkatan partisipasi institusional di pasar crypto.

Dampak Potensial Pengakuan SEC

bitcoin etf sec
Sumber: Ledger Insight

Pengakuan SEC terhadap aplikasi BlackRock menunjukkan bahwa mereka bersedia untuk mengeksplorasi konsep ETF Bitcoin spot dan menilai dampak pasar potensialnya. Sementara langkah awal ini menandai awal dari perjalanan regulasi yang panjang, ini menunjukkan kesiapan SEC untuk mempertimbangkan manfaat dan risiko potensial yang terkait dengan ETF Bitcoin spot.

Baca juga: Langkah Besar BlackRock, ETF Bitcoin Bisa Buka Kekayaan $30 Triliun!

Tidak bisa dipungkiri, persaingan di antara perusahaan-perusahaan yang berlomba-lomba untuk menjadi yang pertama meluncurkan ETF Bitcoin di Amerika Serikat dipandang oleh banyak orang sebagai perkembangan positif bagi industri crypto. Dengan banyaknya pengajuan, peluang keberhasilan meningkat, dengan proposal yang beragam memungkinkan SEC untuk menilai berbagai strategi dan kekhawatiran.

Mengutip laporan Cointelegraph, SEC belum menyetujui ETF Bitcoin spot di Amerika Serikat, namun, di Kanada, produk keuangan ini sudah tersedia. Tiga dana yang signifikan: Purpose Bitcoin, 3iQ CoinShares, dan CI Galaxy Bitcoin, telah disetujui oleh regulator di negara tersebut.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: