Apakah SEC Akan Mengesahkan ETF Bitcoin Spot? Teka-Teki Penantian Pasar!

Apakah SEC Akan Mengesahkan ETF Bitcoin Spot? Teka-Teki Penantian Pasar!

Kabar terbaru menyebutkan bahwa Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) tengah dilanda kebanjiran dokumen menjelang tenggat waktu persetujuan ETF Bitcoin spot pada 10 Januari. Situasi ini menimbulkan keraguan akan kemungkinan persetujuan di tengah liburan dan tumpukan pekerjaan yang harus diselesaikan. Apakah SEC akan memberikan lampu hijau untuk produk investasi crypto yang telah lama ditunggu-tunggu ini?

Overload Kerja di SEC

overload sec
Sumber: Eleanor Terret

Menurut Eleanor Terrett, jurnalis FOX Business, SEC tampaknya tidak akan mengesahkan ETF Bitcoin spot dalam waktu dekat. Terrett menyatakan bahwa SEC masih harus meninjau semua perubahan yang diajukan pada akhir pekan lalu dan memberikan komentar atasnya.

Sumber-sumber yang dia wawancarai menunjukkan bahwa SEC masih perlu waktu untuk mengolah semua dokumen tersebut. Sementara itu, Scott Melker, seorang ahli crypto, sempat memberikan sinyal bahwa persetujuan mungkin saja terjadi hari ini.

Namun, dengan banyaknya pekerjaan yang harus ditangani SEC, kemungkinan pengumuman akan dilakukan menjelang akhir pekan. Hal ini menambah indikasi bahwa SEC saat ini tengah kewalahan dengan beban kerja yang ada.

Baca Juga: Dari Skeptis Menjadi Pujangga BTC, Jim Cramer Akui Kehebatan Teknologi Bitcoin? Ini Katanya!

Komunikasi dan Spekulasi

Charles Gasparino, jurnalis FOX Business lainnya, melaporkan bahwa sumber dari BlackRock mengindikasikan belum adanya komunikasi dari SEC. Hal ini menambah ketidakpastian di pasar mengenai kapan persetujuan akan diberikan.

Jika SEC berhasil mengesahkan proposal ETF dari perusahaan-perusahaan seperti BlackRock, Fidelity, Invesco, Bitwise, dan VanEck sebelum tanggal 5 Januari, itu akan menjadi kejutan yang menyenangkan.

Analis ETF Bloomberg, Eric Balchunas dan James Seyffart, sebelumnya memprediksi bahwa SEC mungkin akan mengesahkan sejumlah ETF Bitcoin spot mendekati akhir tenggat waktu.

Seyffart bahkan mengomentari bahwa mereka mengharapkan persetujuan terjadi antara tanggal 8 hingga 10 Januari, menanggapi laporan Reuters yang menyebutkan bahwa SEC mungkin memberikan notifikasi kepada emiten tentang persetujuan mereka untuk meluncurkan ETF Bitcoin spot lebih awal dari jadwal.

Baca Juga: Bitcoin Maxis Dikecam: Protokol Ordinals Picu Kontroversi!

Pertimbangan SEC dan Harapan Pasar

SEC selama ini dikenal sering menolak atau menunda persetujuan ETF Bitcoin spot karena kekhawatiran atas manipulasi pasar dan perlindungan investor.

Namun, setelah kalah dalam gugatan penting dengan Grayscale Investments pada Agustus lalu, SEC mulai bekerja sama lebih erat dengan sekitar dua belas perusahaan untuk menjajaki kemungkinan membawa dana tersebut ke pasar.

Banyak pelaku industri, termasuk Cathie Wood dari ARK Invest, percaya bahwa SEC akan menyetujui beberapa aplikasi sekaligus untuk mencegah keuntungan pemain pertama oleh perusahaan tertentu.

Kesimpulan

Dengan tenggat waktu yang semakin dekat, pasar menantikan keputusan SEC dengan penuh antisipasi. Apakah SEC akan memberikan kejutan dengan mengesahkan ETF Bitcoin spot, ataukah akan terjadi penundaan lebih lanjut? Hanya waktu yang akan menjawab, namun satu hal yang pasti, keputusan ini akan sangat berpengaruh pada dinamika pasar crypto ke depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: