Pertemuan Mendesak SEC dengan Nasdaq dan NYSE Soal ETF Bitcoin: Apa yang Terjadi?

author:

Pertemuan Mendesak SEC dengan Nasdaq dan NYSE Soal ETF Bitcoin: Apa yang Terjadi?

Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) baru-baru ini mengadakan pertemuan mendesak dengan bursa saham utama, termasuk New York Stock Exchange (NYSE) dan Nasdaq, untuk membahas ETF Bitcoin spot.

Pertemuan ini menarik perhatian besar dari komunitas crypto dan investor, mengingat dampaknya yang potensial terhadap pasar.

Pertemuan Penting untuk Masa Depan ETF Bitcoin

thor dan sec

Menurut laporan The Block, pertemuan ini diadakan untuk membahas komentar akhir pada pengajuan 19b-4 oleh penerbit ETF Bitcoin spot. Informasi tentang pertemuan ini pertama kali diungkapkan oleh seorang jurnalis Fox Business, menimbulkan rasa lega di kalangan komunitas crypto.

Baca juga: Bitcoin akan Tembus $80.000 di 2024? Begini Prediksi Bitwise!

Sebelumnya, laporan dari firma layanan crypto Matrixport menyebutkan bahwa SEC kemungkinan akan menolak semua aplikasi ETF pada Januari 2024, yang memicu likuidasi besar di pasar crypto dengan kerugian lebih dari $540 juta dalam empat jam.

Meskipun ada laporan Matrixport tentang kemungkinan penolakan, analis Bloomberg telah mengklaim bahwa tidak ada bukti substansial yang menunjukkan penolakan ETF. Pertemuan hari ini menunjukkan pandangan yang lebih optimis, sejalan dengan harapan pasar yang lebih luas tentang persetujuan yang mungkin oleh SEC, berpotensi secepat minggu depan.

Diskusi SEC dengan Nasdaq dan NYSE

nasdaq manfaatkan teknologi crypto

Anggota tim Nasdaq bertemu dengan SEC untuk membahas, di antara topik lain, ETF Bitcoin spot yang telah lama ditunggu-tunggu. Nasdaq, yang telah mengajukan formulir 19b-4 untuk iShares Bitcoin Trust BlackRock selama musim panas, bertemu dengan staf agensi. Pertemuan ini cukup standar dalam proses pengajuan produk baru.

Pertemuan tersebut tidak menunjukkan perubahan apapun terkait persetujuan ETF Bitcoin spot oleh SEC. Tidak ada komentar tentang waktu kapan ETF Bitcoin spot akan mendapatkan persetujuan atau penolakan dari SEC.

Laporan dari Fox Business’ Eleanor Terrett lebih awal pada hari Rabu (3/1/24) menyebutkan bahwa Nasdaq, Cboe, dan NYSE sedang bertemu dengan SEC untuk “menyelesaikan komentar” pada pengajuan 19b-4 mereka.

Baca juga: Jelang Bitcoin Halving, Cipher Mining Lakukan Pembelian 16.700 Penambang Baru!

Harapan Tinggi untuk ETF Bitcoin Spot

Antisipasi telah meningkat untuk ETF Bitcoin spot, yang akan menjadi yang pertama di AS, jika SEC memutuskan pada 10 Januari untuk menyetujui atau menolak produk tersebut. Tanggal Januari adalah batas waktu ketika agensi harus membuat keputusan tentang salah satu aplikasi, ARK 21Shares Bitcoin ETF, dan bisa berarti SEC memutuskan untuk mengatur aplikasi lain.

Titik perdebatan selama beberapa minggu terakhir adalah apakah ETF akan memiliki model penciptaan dan penebusan berbasis tunai atau in-kind. Pengajuan dari pertemuan terbaru tampaknya mengarah pada model penebusan tunai yang dikatakan analis disukai oleh SEC.

Secara keseluruhan, pertemuan mendesak antara SEC, Nasdaq, dan NYSE menandai momen penting dalam perjalanan menuju persetujuan ETF Bitcoin spot. Dengan harapan tinggi dan antisipasi yang meningkat, pasar crypto menunggu dengan penuh harap keputusan SEC yang bisa membawa perubahan signifikan bagi industri.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: