Langkah Berani SEC: Minta Masukan Publik untuk ETF Ethereum, Apakah Ini Awal Baru?

Langkah Berani SEC: Minta Masukan Publik untuk ETF Ethereum, Apakah Ini Awal Baru?

Jakarta, Pintu News – Dalam langkah yang menarik perhatian pasar crypto, Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) baru-baru ini meminta masukan publik mengenai persetujuan ETF Ethereum (ETH) spot.

Dengan tiga proposal ETF terkemuka dari Bitwise, Fidelity Investments, dan Grayscale sedang dalam pertimbangan, komunitas crypto bersiap untuk potensi pengaruh besar terhadap adopsi mainstream Ethereum. Mari kita selami lebih dalam bagaimana permintaan SEC ini bisa mengubah lanskap investasi crypto!

Permintaan SEC untuk Komentar Publik

SEC telah mengumumkan permintaan untuk komentar publik terkait dengan tiga proposal ETF Ethereum spot, menandai langkah penting dalam proses persetujuan. Permintaan ini mencakup proposal dari Bitwise Ethereum Trust, Fidelity Ethereum Fund, dan Grayscale Ethereum, dengan komentar dari publik yang diharapkan dalam 21 hari.

Langkah ini menunjukkan keterbukaan SEC untuk mempertimbangkan pendapat publik dalam membuat keputusan yang berpotensi mengubah permainan.

Dengan persetujuan beberapa ETF Bitcoin spot pada Januari 2024, banyak yang berharap langkah serupa untuk Ethereum akan mendorong adopsi crypto lebih lanjut. Namun, analis ETF Bloomberg, Eric Balchunas, telah menurunkan perkiraan peluang persetujuan ETF Ethereum spot menjadi 30%, menyoroti ketidakpastian yang masih ada.

Baca Juga: SEC Batalkan Gugatan DEBT Box, Sementara, Setelah Ancaman Sanksi

Pengaruh Potensial Persetujuan ETF Ethereum

potensi persetujuan etf ethereum
Sumber: Akun X Balchunas

Persetujuan ETF Ethereum spot oleh SEC bisa menjadi titik balik bagi pasar crypto, menawarkan investor cara yang lebih teratur dan aman untuk berinvestasi dalam Ethereum. Dengan ETF, investor dapat memperoleh eksposur terhadap ETH tanpa harus berurusan langsung dengan pertukaran crypto atau dompet digital, menurunkan hambatan masuk bagi investor tradisional.

Namun, SEC telah memperingatkan bahwa persetujuan ETF Bitcoin spot sebelumnya tidak harus dilihat sebagai indikasi kesediaan untuk menyetujui standar listing untuk sekuritas aset crypto lainnya. Ketua SEC, Gary Gensler, telah menekankan bahwa setiap persetujuan tidak mencerminkan pandangan SEC terhadap status aset crypto lain di bawah hukum sekuritas federal.

Baca Juga: Pengungkapan Strategi SEC: Mengaitkan Sukses Kasus Terraform untuk Menjerat Binance dan Coinbase!

Pendekatan Regulasi SEC dan Dampaknya

Di bawah kepemimpinan Gensler, SEC telah mengambil pendekatan yang lebih ketat terhadap crypto, sering kali menggunakan pendekatan regulasi melalui penegakan hukum daripada menyediakan kerangka kerja regulasi yang jelas.

Namun, permintaan komentar publik ini menunjukkan kemungkinan perubahan dalam pendekatan SEC, mungkin membuka jalan bagi kerangka kerja yang lebih inklusif dan terstruktur untuk ETF crypto.

Kesimpulan

Permintaan SEC untuk komentar publik mengenai ETF Ethereum spot menandai langkah penting dalam proses persetujuan dan berpotensi mengubah lanskap investasi crypto. Meskipun masih ada ketidakpastian, langkah ini menunjukkan keterbukaan SEC untuk mempertimbangkan pendapat publik dan mungkin menandai awal dari pendekatan regulasi yang lebih inklusif terhadap crypto. Komunitas crypto menantikan keputusan akhir dengan harapan besar.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: