Grayscale dan ‘DC Circuit-ex-machina’ Merupakan Kunci Persetujuan ETF Bitcoin?

Grayscale dan ‘DC Circuit-ex-machina’ Merupakan Kunci Persetujuan ETF Bitcoin?

Industri crypto baru saja mencapai tonggak sejarah dengan persetujuan ETF Bitcoin spot pertama oleh SEC. Keputusan ini dianggap sebagai peristiwa penting yang akan membawa perubahan besar pada struktur pasar crypto di masa depan. Komisaris SEC, Hester Pierce, memberikan pengakuan kepada Grayscale dan kejutan dari ‘DC Circuit-Ex-Machina’ atas keberhasilan ini. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Peran Grayscale dan ‘DC Circuit-Ex-Machina’

crypto mom
Sumber: Akun X Hester Pierce

Grayscale Investments telah menjadi faktor kunci dalam persetujuan ETF Bitcoin spot. Mereka mengajukan banding yang berhasil memaksa SEC untuk mengkaji ulang penolakan sebelumnya terhadap aplikasi ETF Bitcoin spot mereka. Putusan dari Pengadilan Banding AS pada Oktober 2023 mendukung Grayscale dan menjadi momen penting.

Komisaris Hester Pierce, yang sering disebut “Crypto Mom,” menegaskan bahwa tanpa langkah ini, persetujuan mungkin tidak akan terjadi. Persetujuan yang dinanti-nanti ini juga tidak terlepas dari keputusan Pengadilan Banding Distrik Columbia yang meminta SEC untuk meninjau kembali aplikasi Grayscale.

Keputusan ini dikenal sebagai ‘DC Circuit-Ex-Machina’, yang secara mengejutkan mempercepat proses persetujuan. Pierce menyoroti bahwa tanpa dorongan ini, persetujuan ETF Bitcoin spot mungkin akan terus mengalami penundaan.

Baca Juga: Heboh, Bitcoin ETF Disetujui, Dunia Crypto Bergembira!

Keputusan SEC dan Implikasinya

Pada tanggal 10 Januari, SEC mengesahkan aplikasi 19b-4 dari 11 perusahaan, termasuk ARK 21Shares, Invesco Galaxy, dan VanEck. Keputusan ini memungkinkan perubahan aturan yang mengizinkan ETF Bitcoin spot untuk terdaftar dan diperdagangkan di bursa saham.

Analis ETF dari Bloomberg, James Seyffart, memperkirakan bahwa ETF ini akan siap untuk diperdagangkan pada tanggal 11 Januari, dengan asumsi aplikasi S-1 telah “diperiksa” dengan baik. Meskipun persetujuan ini merupakan kemajuan yang signifikan, Ketua SEC Gary Gensler menegaskan bahwa persetujuan ETF Bitcoin spot bukan berarti dukungan terhadap aset digital itu sendiri.

Gensler sebelumnya telah mengeluarkan peringatan kepada investor crypto dan menekankan bahwa persetujuan ini tidak boleh ditafsirkan sebagai validasi SEC terhadap Bitcoin.

Kesimpulan

Persetujuan ETF Bitcoin spot oleh SEC merupakan awal dari era baru dalam sejarah crypto, memberikan kesempatan bagi investor untuk berpartisipasi dalam pasar Bitcoin dengan cara yang lebih terstruktur dan aman. Namun, SEC tetap waspada dan tidak memberikan dukungan eksplisit terhadap Bitcoin, menegaskan bahwa keputusan ini adalah tindakan regulasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi