Binance Diterpa Badai: SEC Menggugat Atas Dugaan Penjualan Sekuritas Tak Terdaftar!

Binance Diterpa Badai: SEC Menggugat Atas Dugaan Penjualan Sekuritas Tak Terdaftar!

Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) pada tanggal 5 Juni mengajukan gugatan terhadap Binance, dengan tuduhan bahwa bursa tersebut terlibat dalam penjualan sekuritas yang tidak terdaftar.

Dalam keluhannya yang berisi 136 halaman, SEC menuduh Binance dan pendirinya, Changpeng “CZ” Zhao, berpartisipasi dalam konspirasi kompleks yang melibatkan penipuan, konflik kepentingan, kurangnya pengungkapan, dan pengabaian yang disengaja terhadap hukum.

Penawaran Sekuritas Tak Terdaftar

Menurut SEC, Changpeng Zhao telah mengoperasikan Binance.com dan Binance.US sebagai bursa, broker, dealer, dan agen kliring sejak setidaknya Juli 2017.

Baca Juga: Sigap Menghadapi Tuntutan SEC, Binance US Rekrut Tim Hukum Terbaik!

Keluhan tersebut mengklaim bahwa perusahaan-perusahaan ini telah menghasilkan setidaknya $11,6 miliar melalui berbagai metode, termasuk biaya transaksi yang dikumpulkan dari klien Amerika.

Praktik Kontroversial Membiarkan Pelanggan AS Menggunakan Binance.com

SEC menduga bahwa, meski secara publik mengklaim bahwa Binance melarang pelanggan AS melakukan perdagangan, bursa tersebut secara diam-diam mengizinkan mereka untuk terus menggunakan platform, menunjukkan pengabaian yang disengaja terhadap hukum sekuritas AS.

Pencucian Transaksi di Platform Binance.US

Menurut gugatan SEC, BAM Trading dan BAM Management, yang terkait dengan Binance.US, menyesatkan baik klien maupun investor ekuitas tentang efektivitas pengawasan pasar dan upaya untuk mengidentifikasi dan menghentikan perdagangan manipulatif di platform.

Namun, pencucian transaksi di platform Binance.US adalah praktik yang umum.

Penyalahgunaan Dana oleh Zhao dan Entitas Binance

Fakta Unik CZ
cryptoonus.com

Dalam gugatan SEC, Zhao dan Binance dituduh mengalihkan aset pelanggan sesuai keinginan mereka, termasuk mengirim uang ke Sigma Chain berbasis di Swiss yang berada di bawah kendali Zhao.

Baca Juga: Prediksi Harga Binance Coin (BNB) 2023, 2025, 2030: Harga Binance Bisa Naik 2.247%!

Tuduhan tersebut menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana Binance dan organisasi afiliasinya menangani aset pelanggan dan menunjukkan bahwa uang mungkin telah digunakan secara tidak tepat.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: