SEC Memperketat Pengawasan pada Web3 Gaming: Apa Dampaknya?

SEC Memperketat Pengawasan pada Web3 Gaming: Apa Dampaknya?

Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) telah meningkatkan pengawasan regulasi pada Web3 gaming.

Dalam gugatan yang diajukan terhadap Binance, pertukaran cryptocurrency terbesar di dunia, pada tanggal 5 Juni 2023, SEC mengidentifikasi 3 token game dan Metaverse yang dianggap sebagai sekuritas.

Axie Infinity (AXS), The Sandbox Game (SAND), dan Decentraland (MANA) adalah di antara token yang disebutkan.

Respons Pemimpin Komunitas Web3 Gaming

Komunitas gaming Web3 telah bereaksi terhadap perkembangan regulasi ini, memicu spekulasi tentang implikasi yang mungkin mereka miliki untuk masa depan gaming.

Baca Juga: Pilih Avalanche, Tim Esports TSM Bakal Kembangkan Web3 Gaming!

Pengawasan regulasi yang ditingkatkan SEC terhadap Web3 gaming dan tujuannya untuk mengklasifikasikan token ini sebagai sekuritas menyoroti perhatian yang semakin besar yang diberikan oleh badan regulasi terhadap persimpangan antara cryptocurrency, teknologi blockchain, dan dunia virtual.

Industri Metaverse Masih Menunggu Kepastian

Devour dan AlterVerse Luncurkan Inovasi Pesan Makanan di Metaverse Sky City
Enjin

Hasil dari gugatan, dan implikasi spesifik bagi token dan Binance, belum dapat ditentukan.

Meski perkembangan ini berpotensi mengarah pada penindakan lebih lanjut terhadap token gaming dan Metaverse lainnya, hasilnya saat ini masih belum diketahui.

Baca Juga: OpenFort Dapatkan Pendanaan Rp44 Miliar, Masa Depan Dompet Gaming Web3!

Perkembangan ini juga mencerminkan tren yang lebih luas dari regulator di seluruh dunia yang berusaha untuk menetapkan pedoman dan pengawasan yang jelas untuk ruang crypto dan gaming yang berkembang dengan cepat.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: