Kraken Dituduh SEC Sebagai Bursa Tidak Terdaftar, Apa yang Terjadi?

Kraken Dituduh SEC Sebagai Bursa Tidak Terdaftar, Apa yang Terjadi?

Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) telah menggugat Kraken dengan tuduhan mencampuradukkan dana pelanggan dan gagal mendaftar sebagai bursa sekuritas, broker, dealer, dan agen kliring dengan regulator.

Tuduhan SEC Terhadap Kraken

Dalam pengaduan yang diajukan pada 20 November di Pengadilan Distrik California, SEC menuduh bahwa sejak 2018 Kraken telah beroperasi sebagai platform yang melanggar hukum dengan memfasilitasi pembelian dan penjualan crypto.

Selain itu, SEC juga menuduh bahwa praktek bisnis Kraken dan kontrol internal yang “kurang” membuat bursa tersebut mencampur aset pelanggan dengan asetnya sendiri yang menurut SEC berpotensi menimbulkan “risiko kerugian yang signifikan” bagi kliennya.

Baca Juga: Geram! Industri Crypto Menentang Rencana SEC untuk Mengatur DeFi seperti Bursa Sentralisasi

Pengaduan tersebut menuduh Kraken telah membayar biaya operasional langsung dari akun yang berisi aset pelanggan. “Kami menuduh bahwa Kraken membuat keputusan bisnis untuk meraup ratusan juta dolar dari investor crypto daripada mematuhi hukum sekuritas,” kata direktur divisi penegakan SEC, Gurbir Grewal dalam sebuah pernyataan.

“Keputusan tersebut menghasilkan model bisnis yang penuh dengan konflik kepentingan yang menempatkan dana investor dalam risiko.”

Daftar Mata Uang Crypto Sebagai Sekuritas

manfaat tokenisasi sekuritas
Sumber: Simplilearn

Selain tuduhan yang diajukan terhadap Kraken, agensi juga mencantumkan total 16 mata uang kripto sebagai sekuritas, termasuk Cardano (ADA), Algorand (ALGO), Polygon (MATIC), dan Solana (SOL).

Pengaduan SEC menuduh Kraken melanggar ketentuan pendaftaran dari Undang-Undang Bursa Sekuritas 1934. SEC mencari Kraken untuk membayar denda, bantuan penghentian, dan meminta bursa tersebut untuk mengembalikan “keuntungan yang diperoleh secara tidak sah.”

Penyelesaian Dengan Regulator

Pada 9 Februari, Kraken mencapai penyelesaian sebesar $30 juta dengan regulator, di mana mereka setuju untuk berhenti menawarkan produk dan layanan staking crypto kepada pelanggan AS.

Paragraf Penutup

Dengan tuduhan dan penyelesaian ini, Kraken diharapkan untuk memperbaiki sistem dan kebijakan mereka untuk memastikan keamanan dan kepercayaan pelanggan dalam bertransaksi.

Baca Juga: Grayscale Desak SEC untuk Menyetujui Semua ETF Bitcoin Spot Sekaligus

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi