Gary Gensler: SEC Meninjau kembali ETF Bitcoin Spot dengan Perspektif Baru!

author:

Gary Gensler: SEC Meninjau kembali ETF Bitcoin Spot dengan Perspektif Baru!

Sebuah gelombang kegembiraan melanda komunitas crypto seiring dengan indikasi dari SEC, regulator pasar modal AS, yang menunjukkan kemungkinan penerimaan ETF Bitcoin. Gary Gensler, pemimpin SEC, telah memberikan isyarat yang menunjukkan bahwa era baru bagi ETF Bitcoin mungkin sudah di depan mata, memicu antusiasme di antara investor dan analis crypto.

SEC dan Pendekatan Baru terhadap Bitcoin

gary gensler
Sumber: CNBC

Dalam sebuah pernyataan yang mengejutkan, Gary Gensler dari SEC mengungkapkan bahwa badan tersebut sedang mempertimbangkan kembali sejumlah proposal ETF Bitcoin.

Baca juga: First Trust Ajukan ETF Bitcoin dengan Proteksi Risiko kepada SEC!

Dalam sebuah sesi tanya jawab dengan CNBC pada 14 Desember 2023 lalu, Gensler menyatakan bahwa SEC tengah menelaah “sekitar delapan hingga selusin aplikasi” ETF Bitcoin. Ini menandai pergeseran yang mencolok dari sikap SEC sebelumnya yang cenderung menolak proposal serupa.

“Jadi kami mengambil pandangan baru tentang hal ini berdasarkan putusan pengadilan tersebut.”

Kasus hukum yang dimenangkan oleh Grayscale melawan SEC telah menjadi momen krusial. Seorang hakim federal telah membatalkan keputusan SEC yang menolak ETF dari Grayscale Investments, dan SEC tidak mengajukan banding atas keputusan tersebut, menunjukkan potensi perubahan dalam pendekatan mereka terhadap ETF Bitcoin.

Kegembiraan di Pasar dan Pandangan Bloomberg

Kemenangan Grayscale telah memicu gelombang optimisme di pasar crypto. Analis dari Bloomberg, James Seyffart dan Eric Balchunas, mencatat adanya dialog antara SEC dan Grayscale yang mengarah pada kerjasama untuk memenuhi standar regulasi. Ini meningkatkan keyakinan bahwa ETF Bitcoin mungkin akan segera mendapat persetujuan.

Di sisi lain, entitas finansial besar seperti BlackRock juga ikut berkompetisi untuk menghadirkan ETF Bitcoin. Dengan keputusan SEC mengenai proposal dari ARK dan 21Shares yang dijadwalkan pada tanggal 10 Januari 2024, banyak pihak yang menantikan hasilnya. Meskipun ada keraguan, analis dari Bloomberg memperkirakan peluang persetujuan hingga 90%.

Baca juga: Grayscale dan SEC Bertemu, Apakah Bitcoin ETF Segera Menjadi Kenyataan?

Kemungkinan Persetujuan ETF Bitcoin

bitcoin etf
Sumber: U Today

Komunitas crypto kini menantikan dengan penuh harap keputusan SEC terkait ETF Bitcoin. Jika SEC benar-benar mengubah pendekatannya, ini dapat menjadi langkah maju yang signifikan untuk industri crypto. Keputusan ini akan berdampak tidak hanya pada Grayscale tetapi juga pada banyak entitas lain yang telah menanti peluang ini. Meski masih ada ketidakpastian, sinyal yang diberikan oleh Gensler memberikan semangat baru. Apakah ini akan menjadi titik awal bagi era baru crypto di pasar modal? Hanya waktu yang akan memberikan jawabannya.

Secara keseluruhan, perubahan sikap SEC yang terlihat belakangan ini mungkin akan membuka babak baru dalam sejarah crypto. ETF Bitcoin yang telah lama dinantikan kini tampaknya semakin mendekati kenyataan, memberikan kesempatan bagi investor untuk lebih terlibat dalam pasar crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: