Mantan Pejabat SEC Desak DOJ untuk Bertindak Lebih Keras Terhadap Pelaku Crypto

Mantan Pejabat SEC Desak DOJ untuk Bertindak Lebih Keras Terhadap Pelaku Crypto

Mantan pejabat U.S. Securities and Exchange Commission (SEC), John Reed Stark, telah menyerukan tindakan yang lebih tegas dari Departemen Kehakiman AS (DOJ) terhadap pelaku industri crypto.

Stark menekankan bahwa tanpa ancaman hukuman penjara dari DOJ, banyak pelaku crypto akan terus mengabaikan tindakan penegakan hukum dari SEC.

Kritik Terhadap Penegakan Hukum Crypto Saat Ini

Twitter

Stark, yang pernah menjabat sebagai pejabat penegakan di SEC selama hampir 2 dekade, menyoroti ketidakseimbangan antara tindakan penegakan hukum sipil oleh SEC dan kurangnya tuntutan pidana oleh DOJ.

Menurutnya, banyak pelaku crypto tidak mengambil serius tindakan yang diambil oleh SEC. Sebagai contoh, Tyler Winklevoss, salah satu pendiri bursa crypto Gemini, menyebut tuntutan SEC sebagai “sangat lemah”.

Baca Juga: Kontroversi Keluarga di Balik FTX: Pertikaian Gaji Sam Bankman-Fried dengan Orangtuanya

Sementara itu, bursa crypto besar seperti Coinbase dan Binance tampaknya mengabaikan tuntutan SEC, bahkan memandangnya sebagai simbol kebanggaan.

Pentingnya Ancaman Hukuman Penjara

sec dan ai
Sumber: CNBC

Stark menekankan bahwa SEC hanyalah sebuah lembaga penegakan hukum sipil. Tanpa ancaman hukuman penjara dari DOJ, pelaku crypto akan terus menganggap risiko penegakan hukum SEC sebagai biaya yang harus dikeluarkan dan hanya sebagai beban lain di neraca mereka.

Dia juga menyoroti kasus Sam Bankman-Fried, mantan CEO crypto FTX, dan merasa heran mengapa orang tua Bankman-Fried tidak ditambahkan sebagai terdakwa dalam kasus tersebut.

Stark berpendapat bahwa hingga ada tindakan tegas dari DOJ, banyak perusahaan crypto akan terus mengabaikan tindakan penegakan hukum dari SEC.

Tanggapan Industri Terhadap Tuntutan SEC

Beberapa pemangku kepentingan utama dan perusahaan di industri crypto tampaknya tidak mengambil serius tindakan dari SEC.

Stark menyoroti bagaimana Binance, Coinbase, dan Tyler Winklevoss dari Gemini merespons tuntutan SEC.

Menurut Stark, banyak perusahaan crypto yang memandang tuntutan SEC sebagai “lencana kehormatan” dan terus beroperasi tanpa memperhatikan regulasi crypto.

Dia juga menekankan pentingnya DOJ untuk mengambil langkah lebih tegas dalam menuntut pelaku crypto agar industri ini dapat berkembang dengan cara yang benar dan aman.

Baca Juga: Apakah Sam Bankman-Fried, Pendiri FTX, Akan Dibebaskan Sebelum Pengadilan?

Tindakan tegas dari DOJ diperlukan untuk memastikan bahwa pelaku industri crypto mematuhi regulasi crypto dan menjalankan operasional mereka dengan cara yang benar.

Tanpa ancaman hukuman yang sesuai, banyak pelaku crypto mungkin akan terus mengabaikan tindakan penegakan hukum dan merugikan investor serta industri secara keseluruhan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: