SEC Amerika Tingkatkan Pengawasan Terhadap Pasar Crypto: Apa yang Harus Diketahui?

SEC Amerika Tingkatkan Pengawasan Terhadap Pasar Crypto: Apa yang Harus Diketahui?

Dalam respons terhadap perkembangan pesat industri crypto, SEC (U.S. Securities and Exchange Commission) Amerika Serikat telah mengumumkan prioritas pemeriksaannya untuk tahun 2024. Dengan penekanan khusus pada pasar crypto dan teknologi baru, apa yang diharapkan dari regulator ini? Simak berita lengkapnya berikut ini!

SEC dan Prioritas Pemeriksaan 2024

regulasi crypto sec
Sumber: TheStreet

SEC, melalui Divisi Pemeriksaannya, telah merilis prioritas pemeriksaan untuk tahun 2024, memberikan wawasan tentang area risiko kunci, topik pemeriksaan, dan prioritas yang akan menjadi fokus utama regulator pada tahun mendatang.

Salah satu sorotan utama dari laporan ini adalah peningkatan pengawasan terhadap pasar crypto. SEC menekankan bahwa akan terus memantau dan, jika perlu, melakukan pemeriksaan terhadap pendaftar yang terkait dengan aset crypto.

Selain itu, SEC akan memastikan bahwa pendaftar yang terlibat dengan aset crypto mematuhi standar perilaku mereka saat merekomendasikan atau memberi nasihat kepada pelanggan mengenai aset crypto.

Baca Juga: Taiwan dan El Salvador Bersatu Tingkatkan Regulasi Crypto, Apa Dampaknya Bagi Industri Crypto Global?

Peningkatan Pengawasan Terhadap Teknologi Baru

Laporan tersebut menyoroti bahwa Divisi Pemeriksaan telah meningkatkan kemampuannya dengan mendirikan tim khusus untuk mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh crypto, fintech, kecerdasan buatan, dan keamanan siber.

SEC juga memantau pendaftar yang mengadopsi praktik baru, terutama yang terkait dengan teknologi dan solusi online yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan kepatuhan dan pemasaran. Ini mencakup alat investasi otomatis, kecerdasan buatan, dan algoritma atau platform perdagangan.

Pemeriksaan akan mengevaluasi seberapa baik pendaftar mematuhi standar perilaku dalam memberi nasihat kepada pelanggan dan pemahaman mereka tentang produk yang mereka tawarkan.

Baca Juga: G20 Setuju dengan Rekomendasi FSB: Apakah India Akan Mengikuti Jejak untuk Regulasi Crypto?

Signifikansi Laporan Prioritas Pemeriksaan 2024

SEC berkomitmen untuk memeriksa bagaimana risiko yang terkait dengan teknologi blockchain dan distributed ledger dikelola di sektor keuangan. Ini menekankan pentingnya memastikan penggunaan teknologi baru ini dilakukan dengan aman dan patuh.

Laporan ini juga menyebutkan pemeriksaan agen transfer yang melayani penerbit aset kripto atau menggunakan teknologi canggih dalam operasinya.

Richard Best, Direktur Divisi Pemeriksaan, menekankan bahwa tujuannya adalah untuk meningkatkan transparansi dalam program pemeriksaan dan mendorong perusahaan untuk fokus pada area di mana investor ritel mungkin menghadapi risiko yang meningkat.

    Dengan meningkatnya perhatian SEC terhadap industri crypto dan teknologi baru, ekspektasi adalah bahwa akan ada peningkatan kepatuhan dan transparansi di sektor ini. Bagi pelaku industri, penting untuk mempersiapkan diri dan beradaptasi dengan perubahan regulasi yang akan datang.

    Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

    *Disclaimer

    Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

    Referensi: