SEBI India Rekomendasikan Regulator Lokal Awasi Perdagangan Crypto

Array

SEBI India Rekomendasikan Regulator Lokal Awasi Perdagangan Crypto

Jakarta, Pintu News – India, negara dengan populasi terbesar kedua di dunia, sedang mempertimbangkan untuk mengatur perdagangan mata uang crypto. Securities and Exchange Board of India (SEBI), badan pengatur sekuritas India, telah mengusulkan agar beberapa regulator mengawasi perdagangan mata uang crypto di negara tersebut. Usulan ini didasarkan pada dokumen yang baru-baru ini diungkapkan oleh Reuters.

Rekomendasi SEBI: Pengawasan Bersama

SEBI merekomendasikan agar aset digital diawasi secara kolektif oleh berbagai regulator yang sesuai dengan yurisdiksi mereka. Dalam hal ini, SEBI akan memantau aset digital yang diklasifikasikan sebagai sekuritas dan penawaran koin awal (ICO), serta mengeluarkan lisensi untuk produk keuangan. Sementara itu, Reserve Bank of India (RBI) akan mengawasi stablecoin yang didukung fiat.

Asuransi terkait crypto akan berada di bawah domain Otoritas Pengaturan dan Pengembangan Asuransi India, dan Otoritas Pengaturan dan Pengembangan Dana Pensiun akan mengatur masalah pensiun yang terkait dengan aset digital. Undang-Undang Perlindungan Konsumen India harus diterapkan pada perselisihan antara investor crypto.

Baca Juga: Vitalik Buterin, Pendiri Ethereum, Sampaikan GPT-4 OpenAI Lulus Uji Turing: AI Makin Canggih!

Pandangan Skeptis RBI terhadap Crypto

rbi dan mata uang digital rupee
Sumber: Hindustan Times

RBI, bank sentral India, memiliki pandangan yang lebih skeptis terhadap mata uang crypto. Menurut sumber yang mengetahui masalah ini, RBI mendukung gagasan untuk melarang stablecoin.

Lembaga ini lebih lanjut menyoroti kekhawatiran bahwa aset digital dapat memfasilitasi penghindaran pajak crypto dan mencatat bahwa transaksi peer-to-peer yang terdesentralisasi dalam mata uang crypto bergantung pada kepatuhan sukarela, yang menimbulkan risiko terhadap stabilitas fiskal.

RBI juga berpendapat bahwa mata uang crypto dapat mengakibatkan hilangnya pendapatan dari penciptaan uang untuk bank sentral. Akibatnya, RBI mengusulkan agar mata uang crypto dilarang di India.

Upaya India dalam Mengatur Aset Digital

India telah berupaya menyesuaikan kerangka peraturannya untuk memasukkan aset digital. Pada bulan Desember 2023, negara tersebut mengeluarkan 15 pemberitahuan ketidakpatuhan kepada bursa crypto asing, memblokir URL perusahaan dan aplikasi seluler untuk pengguna lokal.

Pada saat penulisan, KuCoin dan Binance adalah satu-satunya bursa yang dapat memperoleh lisensi dari Financial Intelligence Unit untuk memulai kembali operasi. Pemerintah India baru-baru ini meminta anggota G20 untuk bergabung dalam mengatur aset digital.

Penutup

India sedang dalam proses untuk mengatur perdagangan mata uang crypto. SEBI telah mengusulkan agar beberapa regulator mengawasi aset digital secara kolektif, sementara RBI memiliki pandangan yang lebih skeptis dan mendukung pelarangan stablecoin. Pemerintah India telah berupaya menyesuaikan kerangka peraturannya untuk memasukkan aset digital, dan baru-baru ini meminta anggota G20 untuk bergabung dalam mengatur aset digital.

Baca Juga: PEPE: Koin Meme yang Menggebrak Pasar Kripto

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Array