Scroll: Proyek Ethereum Scaling yang Siap Mengguncang Dunia Crypto

Scroll: Proyek Ethereum Scaling yang Siap Mengguncang Dunia Crypto

Scroll, proyek penskalaan Ethereum berbasis zk-Rollup yang kompatibel dengan EVM, telah menjadi perbincangan hangat di dunia crypto. Proyek crypto ini bertujuan untuk menciptakan jaringan universal yang memberikan pengalaman pengguna dan keamanan yang sama seperti Ethereum, tetapi dengan throughput yang lebih tinggi, verifikasi yang lebih cepat, dan biaya gas yang lebih murah.

Mengenal Scroll

Scroll didirikan pada tahun 2021 oleh tim yang terdiri dari para ahli di bidang kriptografi dan teknologi blockchain. Proyek ini telah berhasil mengumpulkan dana sebesar $80 juta dari investor terkemuka seperti Polychain Capital, Sequoia China, IOSG, dan Qiming Venture Partners. Saat ini, Scroll sedang dalam tahap pengembangan jaringan utama (mainnet) yang dijadwalkan akan diluncurkan pada Oktober 2023.

Cara Kerja Scroll

Scroll: Jaringan yang Didorong oleh Komunitas
Metaverse Post

Arsitektur Scroll terdiri dari 3 komponen utama: node Scroll, jaringan pembuktian, dan kontrak Rollup dan jembatan lintas rantai. Node Scroll bertugas membangun blok jaringan Layer 2 dari transaksi pengguna, kemudian mengirimkannya ke mainnet Ethereum dan mengirimkan informasi antara mainnet dan jaringan Layer 2.

Baca Juga: Entangle ($NGL): Terobosan Baru dalam Interoperabilitas Blockchain

Jaringan pembuktian, yang disebut Rollers, berfungsi sebagai pembuktian untuk jaringan dan secara khusus bertanggung jawab untuk menghasilkan bukti validitas untuk jaringan zk-Rollup. Kontrak verifikasi mencakup kontrak Rollup dan kontrak jembatan lintas rantai.

Keunggulan Scroll

Scroll memiliki dua keunggulan utama dibandingkan proyek zk-Rollup lainnya. Pertama, Scroll mencapai kompatibilitas zkEVM dengan berfokus pada kompatibilitas bytecode. Ini berarti bahwa aplikasi di Ethereum dapat bermigrasi ke jaringan Layer 2 dengan sedikit modifikasi kode. Kedua, Scroll memiliki jaringan validasi yang terdesentralisasi.

Scroll telah membangun jaringan validasi terdesentralisasi yang mendistribusikan bukti transaksi ZKP kepada semua orang untuk perhitungan, memungkinkan validator, operator node, pengembang, dan pengguna komunitas untuk berpartisipasi secara terdesentralisasi.

Ekosistem Scroll

Scroll telah berhasil membangun ekosistem yang kuat dengan lebih dari 100 proyek yang tersebar di berbagai jenis seperti DEX, DeFi, NFT, GameFi, dan domain. Beberapa proyek terkemuka dalam ekosistem Scroll antara lain Zada Finance, Papyrus Swap, Cog Finance, dan Scroll Name Service.

Penutup

Scroll adalah proyek penskalaan Ethereum yang sangat menjanjikan dengan teknologi zk-Rollup yang canggih dan ekosistem yang kuat. Proyek ini memiliki potensi untuk mengubah lanskap dunia crypto dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dengan biaya yang lebih rendah.

Baca Juga: Napoli Fan Token ($NAP): Gebrakan Baru di Dunia Sepak Bola dan Crypto

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

Referensi