Scroll Luncurkan Mainnet: Era Baru Skalabilitas Ethereum Telah Dimulai!

Scroll Luncurkan Mainnet: Era Baru Skalabilitas Ethereum Telah Dimulai!

Scroll, jaringan yang memanfaatkan bukti zero knowledge proof untuk meningkatkan skalabilitas Ethereum, telah resmi meluncurkan mainnet-nya.

Peluncuran ini menandai tonggak penting dalam perjalanan Ethereum menuju skalabilitas tanpa batas, dengan kecepatan yang lebih tinggi dan biaya yang lebih rendah.

Scroll dan Ethereum: Menuju Era Baru

Peluncuran mainnet Scroll bukan hanya menjadi tonggak penting bagi Scroll sendiri, tetapi juga bagi Ethereum. Dengan fokus awal pada penyedia infrastruktur seperti operator node dan validator, Scroll berencana untuk mengembangkan jaringan bukti terdesentralisasi dan sequencer.

Dalam pengujian dan audit yang dilakukan selama lebih dari 15 bulan, Scroll telah berhasil mendemonstrasikan potensi dan kinerja testnet-nya melalui penyebaran lebih dari 450.000 kontrak pintar, memproses lebih dari 90 juta transaksi, dan menghasilkan 280.000 bukti ZK.

Baca Juga: Ethereum Classic (ETC): Menghadapi Tantangan Selama Crypto Winter, Gimana Potensinya di Akhir 2023?

Scroll juga sedang mengembangkan prover berbasis SGX sebagai bagian dari upaya mereka untuk memperbarui protokol.

Tujuan dari pembaruan ini adalah untuk memastikan operasi yang tidak terputus, bahkan jika sequencer offline. Dengan kata lain, Scroll berupaya untuk memberikan pengalaman yang mirip dengan Ethereum, namun dengan fitur dan manfaat yang lebih baik.

Scroll: Jaringan yang Didorong oleh Komunitas

Scroll: Jaringan yang Didorong oleh Komunitas
Metaverse Post

Scroll dibangun berdasarkan nilai-nilai pemberdayaan komunitas, inklusivitas, dan keterbukaan. Melalui berbagai kegiatan keterlibatan pengembang global, workshop, dan inisiatif pendidikan penelitian ZK, Scroll telah berhasil menjalin hubungan dengan individu di seluruh dunia.

Dengan tim yang tersebar di 26 negara berbeda, Scroll mendorong kolaborasi dan interaksi dalam komunitas lokal.

Scroll dikenal sebagai salah satu jaringan zkEVM terbesar Ethereum, menawarkan solusi yang sangat mirip dengan Ethereum namun dengan fitur dan manfaat yang lebih baik.

Peluncuran mainnet mereka menandai tonggak penting bagi Scroll dan Ethereum, membuka era baru skalabilitas dan kemajuan yang menarik.

Scroll: Membuka Jalan Menuju Adopsi Pengembang Ethereum

Scroll, sebagai solusi skalabilitas Ethereum yang berfokus pada komunitas dan bersumber terbuka, telah meluncurkan mainnet-nya.

Peluncuran ini menandai tonggak penting dalam upaya untuk meningkatkan skala dan mendorong adopsi platform kontrak pintar terbesar di dunia dan blockchain yang dapat diprogram pertama.

Dengan menggunakan bukti zero knowledge (zk), Scroll mampu meningkatkan throughput transaksi secara signifikan dengan kecepatan transaksi yang dipercepat dan biaya yang dikurangi.

Paragraf Penutup

Dengan peluncuran mainnet Scroll, era baru dalam skalabilitas Ethereum telah dimulai. Dengan fokus pada pemberdayaan pengembang dan pengguna, Scroll berupaya untuk membuka jalan bagi adopsi blockchain dan adopsi crypto.

Baca Juga: Vitalik Buterin Lakukan Transfer Senilai $14,93 Juta dalam Bentuk USDC! Untuk Apa?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi