Scroll Luncurkan Mainnet: Revolusi Baru di Dunia Ethereum!

Scroll Luncurkan Mainnet: Revolusi Baru di Dunia Ethereum!

Dalam upaya untuk meningkatkan skalabilitas dan efisiensi Ethereum, Scroll, pemain baru di ruang zkEVM, telah mengonfirmasi peluncuran mainnet-nya. Dengan teknologi zero-knowledge, apa yang membuat Scroll menjadi game-changer di dunia blockchain? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Scroll dan Inovasi di Ruang zkEVM

scroll dan inovasi zkevm
Sumber: Akun X Scroll

Scroll adalah solusi zkEVM yang bertujuan untuk menyediakan biaya transaksi yang lebih rendah dengan throughput yang lebih tinggi untuk aplikasi desentralisasi yang berjalan di Ethereum.

Dengan teknologi ini, Scroll dapat mengelompokkan ribuan transaksi off-chain menjadi satu, kemudian mengirimkan bukti yang terdiri dari ringkasan data minimal ke mainnet Ethereum.

Menurut data blockchain, Scroll tampaknya telah menahan berita bahwa mainnet-nya telah aktif sejak 8 Oktober, yang ditandai dengan penyebaran kontrak pintar pertama di mainnet Scroll.

Baca Juga: Setelah 2 Bulan Kerja Keras, ARPA Network Meluncur di Mainnet Ethereum!

Keunggulan Teknologi Scroll dan Dukungan dari Komunitas

Scroll menekankan bahwa aplikasi dan toolkit pengembang yang ada di Ethereum sekarang dapat bermigrasi ke solusi skalabilitas baru ini dengan mudah. “Semuanya berfungsi langsung dari kotak,” kata tim Scroll.

Selama lebih dari dua tahun pembangunan, Scroll telah menjalani 15 bulan pengujian ekstensif dan audit keamanan di tiga testnet berbeda. Selama periode ini, lebih dari 450.000 kontrak pintar dikerahkan, memungkinkan lebih dari 90 juta transaksi di 9 juta blok.

Ye Zhang, salah satu pendiri Scroll, mengungkapkan bahwa meskipun Scroll akan diluncurkan dengan fitur terpusat, ada rencana untuk semakin mendesentralisasikannya seiring waktu.

Baca Juga: Ethereum Melonjak! Upgrade ‘Quantum Leap’ Starknet Resmi Diluncurkan

Bagaimana Scroll Berbeda dari Solusi Lainnya?

Meskipun ada solusi zkEVM lain seperti Polygon dan zkSync, Scroll menonjol dengan pendekatan komunitasnya dan kompatibilitas dengan Ethereum Virtual Machine (EVM).

Dengan teknologi zero-knowledge, Scroll memudahkan pengembang untuk memindahkan aplikasi mereka dari Ethereum ke jaringan “zkEVM” baru.

Jordi Baylina, pemimpin teknis Polygon Hermez zkEVM, menekankan bahwa persaingan di ruang zkEVM hanya akan memperkuat ekosistem Ethereum. Keberadaan berbagai proyek menambah banyak pengalaman dan memberikan kesempatan untuk menguji pendekatan berbeda.

Scroll, dengan teknologi inovatifnya, menjanjikan revolusi dalam cara kita melihat skalabilitas dan efisiensi di blockchain. Dengan dukungan dari komunitas dan visi yang jelas, masa depan Scroll tampak cerah.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

    Referensi: