Pemerintahan Santa Cruz Bakal Gunakan Dompet Digital Berbasis Blockchain, Untuk Apa?

Pemerintahan Santa Cruz Bakal Gunakan Dompet Digital Berbasis Blockchain, Untuk Apa?

Dilansir dari Cointelegraph, daerah Santa Cruz di California Utara adalah salah satu daerah terbaru yang mengadopsi dan mengimplementasikan solusi berbasis blockchain di tingkat pemerintahan.

Dalam sebuah pertemuan Dewan Pengawas Daerah Santa Cruz yang diadakan pada tanggal 25 April 2023, para anggota memutuskan untuk melanjutkan penerapan penggunaan dompet digital untuk layanan pemerintah dan tujuan dokumentasi resmi. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pilot Program Dompet Digital akan Mulai pada Bulan Juli 2023

pilot progam dompet digital
Sumber: White Label Cryptocurrency Exchange Software

Menurut konsensus akhir dari pertemuan tersebut, dompet digital white-label yang didukung oleh Humbl akan meluncurkan pilot program tiga fase yang dimulai pada bulan Juli 2023.

Penguji beta selama periode uji coba akan menjadi pengguna seluler yang mengakses layanan pemerintah seperti bicycle registration dan RV parking registration.

Percontohan potensial lainnya adalah untuk pendaftaran fasilitas taman, melacak jam kerja sukarelawan, distribusi izin bangunan yang dijual bebas, dan perizinan hewan peliharaan.

Zach Friend, seorang pengawas di Santa Cruz County yang terlibat dalam situasi ini, mengatakan bahwa,

“Kami percaya bahwa nilai digitalisasi dokumen, catatan, dan layanan kertas merupakan langkah maju yang penting untuk kenyamanan penduduk Santa Cruz County dan meningkatkan kesetaraan dan akses bagi komunitas kami.”

Setelah percontohan yang sukses, daerah ini berencana untuk memberikan laporan resmi dan rencana peluncuran selambat-lambatnya pada bulan September 2023.

Baca Juga: Cambridge Luncurkan CBNSI, Pelacak Konsumsi Daya untuk Bitcoin dan Ethereum?

Dewan Pengawas Daerah Santa Cruz Berkolaborasi dengan Humbl

proyek humbl
Sumber: Market Realist

Proyek dompet digital mulai terbentuk pada bulan April 2022 setelah Dewan Pengawas daerah Santa Cruz berkolaborasi dengan Humbl dalam infrastruktur teknologi dompet digital yang diperlukan untuk memulai pilot program.

Menurut Forbes, HUMBL, Inc. adalah perusahaan transaksi data keuangan. Perusahaan ini mengembangkan platform yang menghubungkan konsumen dan pedagang dalam ekonomi digital yang menggunakan teknologi baru seperti blockchain untuk memberikan Pay Mobile Wallet, daftar pedagang online, dan produk layanan keuangan.

Sementara para pejabat lokal mendorong rencana dompet digital, sebuah forum diskusi terbuka di situs web Santa Cruz mengungkapkan kekhawatiran dari penduduk setempat.

Menurut dokumen resmi, selama periode uji coba, pejabat lokal akan menilai apakah pengguna mempercayai teknologi yang mendasari dan memahami apa yang terjadi di balik layar.

Sebelumnya, pada pertengahan Maret 2023 Mastercard juga luncurkan dompet digital stablecoin untuk pengguna di asia-pasifik. Baca berita lengkapnya di Mastercard Luncurkan Dompet Digital Stablecoin, Beri Kemudahan Untuk Pelanggan di Asia-Pasifik!

Referensi: