Menantang Dominasi Nvidia, Samsung dan Tenstorrent Bergabung untuk Menggoncang Pasar Chip AI!

author:

Menantang Dominasi Nvidia, Samsung dan Tenstorrent Bergabung untuk Menggoncang Pasar Chip AI!

Perusahaan teknologi besar dari Korea Selatan, Samsung, baru saja mengumumkan kerjasama strategis mereka dengan Tenstorrent, sebuah startup asal Kanada. Mereka berencana untuk menciptakan chip AI generasi baru yang diharapkan akan mengubah dinamika pasar teknologi global.

Kerjasama Antara Samsung dan Tenstorrent

kerjasama samsung dan tenstorrent chip ai
Sumber: HPC Wire

Samsung memilih Tenstorrent, sebuah startup yang berdedikasi pada pengembangan chip AI, sebagai rekan dalam proyek besar ini.

Baca juga: Samsung dan Bank of Korea Siap Gunakan CBDC untuk Pembayaran Offline!

Tenstorrent, yang sebelumnya telah berhasil menghimpun dana sebesar $100 juta dari Samsung dan produsen mobil Hyundai, akan menggunakan dana tersebut untuk mempercepat proses pengembangan produk dan desain chip AI mereka.

Dalam kerjasama ini, Tenstorrent akan memanfaatkan proses manufaktur canggih Samsung, SF4X dan arsitektur 4nm, untuk menciptakan chip generasi baru. Produk yang akan mereka kembangkan bersama Samsung adalah chiplet, yang akan dikombinasikan dengan chiplet lain dalam satu paket.

Tenstorrent Menghadapi Nvidia

Tenstorrent adalah salah satu dari banyak startup yang berusaha untuk menyaingi dominasi Nvidia di pasar chip AI.

Saat ini, Nvidia adalah pemimpin pasar dalam hal pengembangan dan kekuatan chip. Namun, perusahaan ini baru-baru ini menjadi fokus investigasi anti-monopoli oleh otoritas Prancis. Meskipun Nvidia masih memegang kendali dalam pengembangan chip, Tenstorrent memiliki ambisi untuk menciptakan sistem AI berkinerja tinggi dengan chip AI yang lebih unggul.

CEO Tenstorrent, Jim Keller, menyatakan bahwa tujuan mereka adalah untuk menciptakan “high performance compute” dan menyediakan solusi ini kepada konsumen di seluruh dunia.

Baca juga: Melangkah ke Dunia AI, Tether (USDT) Berinvestasi Sebesar $420 Juta di Chip Nvidia!

Chip AI Baru Bernama Quasar

kerjasama samsung dan tenstorrent chip ai
Sumber: Samsung Research

Hasil dari kerjasama ini adalah chip AI yang diberi nama Quasar. Chip ini tidak menggunakan teknologi RISC-V, melainkan teknologi canggih lainnya.

Quasar dirancang untuk bekerja dengan chiplet lain dalam satu paket, yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan performa komputasi AI.

Tenstorrent berfokus pada pengembangan komputasi berkinerja tinggi dan menyediakan solusi ini kepada konsumen di seluruh dunia. Dengan chiplet Quasar, Tenstorrent berencana untuk memperluas cakupan dan aplikasi mereka, termasuk ke dalam sektor otomotif.

Secara keseluruhan, kerjasama antara Samsung dan Tenstorrent ini merupakan langkah besar dalam persaingan di pasar chip AI. Dengan inovasi dan ambisi yang mereka miliki, kedua perusahaan ini siap untuk mengubah pasar dan menantang dominasi Nvidia.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: