Apakah ‘Samsung Glasses’ Jadi Kompetitor yang Ditunggu-tunggu dari Apple Vision Pro?

Apakah ‘Samsung Glasses’ Jadi Kompetitor yang Ditunggu-tunggu dari Apple Vision Pro?

Samsung tampaknya bersiap untuk menggemparkan dunia teknologi dengan pengumuman terbarunya. Dengan paten ‘Samsung Glasses’ yang baru saja diberikan, tampaknya perusahaan ini siap untuk berkompetisi langsung dengan Apple di pasar XR. Apakah ini adalah kompetitor yang ditunggu-tunggu dari Apple Vision Pro? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Paten ‘Samsung Glasses’ Diberikan

Pada tanggal 10 November, sebuah merek dagang dengan nama produk “Samsung Glasses” telah diberikan oleh Kantor Hak Kekayaan Intelektual di Inggris. Ini diperkirakan sebagai headset XR baru dari Samsung yang sebelumnya dibatalkan setelah peluncuran Apple Vision Pro dengan chipset Exynos 2200 yang kurang memadai.

Namun, Samsung telah menyatakan bahwa headset XR mereka mungkin akan hadir pada akhir 2024 dan kemungkinan akan dilengkapi dengan chipset XR baru yang sangat kuat dari Qualcomm.

Baca Juga: Menantang Dominasi Nvidia, Samsung dan Tenstorrent Bergabung untuk Menggoncang Pasar Chip AI!

Samsung vs Apple: Pertempuran di Pasar XR

samsung vs apple
Sumber: Trusted Reviews

Nama yang mengandung “glasses” dalam judulnya memberikan indikasi yang beragam apakah ini adalah headset XR Samsung yang telah kita nantikan atau ini adalah produk lain yang lebih berorientasi pada industri kacamata AR.

Kemungkinan Samsung bergerak ke dalam kacamata AR tampaknya kurang mungkin pada saat ini, terutama ketika Anda mempertimbangkan bahwa headset XR mereka diharapkan hadir pada akhir 2024. Sumber menyebutkan bahwa perusahaan ini berencana untuk memproduksi sekitar 30.000 unit untuk produksi awal dengan harapan penjualan yang lebih tinggi di masa mendatang.

Baca Juga: TSMC Siap Pimpin Revolusi Chip 2-nm, Samsung Tidak Tinggal Diam?

Apa yang Dapat Anda Harapkan dari ‘Samsung Glasses’?

Spekulasi ini muncul beberapa bulan setelah prototipe Samsung dibatalkan setelah melihat pekerjaan yang dilakukan Apple dengan Vision Pro. Perangkat awal ini tampaknya dilengkapi dengan microdisplays OLED, dan kamera RGB ganda serta sensor kedalaman untuk passthrough.

Namun, yang membuatnya tidak dipilih adalah penggunaan chipset Exynos 2200 yang dikenal memiliki daya tahan baterai yang kurang memadai dan kinerja yang lambat.

Jika kita mengambil spekulasi ini pada nilai nominalnya, kita pada dasarnya masih satu tahun lagi dari apa pun yang secara resmi diumumkan oleh Samsung. Namun, ada kemungkinan perusahaan bisa mulai memberikan petunjuk tentang headset XR Samsung Glasses-nya selama acara Unpacked 2024 mereka di mana seri Galaxy S24 akan menjadi sorotan utama.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: