Samsung dan Bank of Korea Siap Gunakan CBDC untuk Pembayaran Offline!

Samsung dan Bank of Korea Siap Gunakan CBDC untuk Pembayaran Offline!

Samsung, pemimpin global dalam teknologi, bergabung dengan Bank of Korea dalam upaya penelitian untuk menerapkan mata uang digital bank sentral (CBDC) Korea Selatan dalam pembayaran offline. Kolaborasi ini menandai langkah besar menuju masa depan transaksi digital yang lebih efisien dan nyaman. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Samsung Mendukung Ambisi CBDC Korea Selatan

samsung dan bank of korea
Samsung Electronics dan Bank of Korea menandatangani MOU untuk penelitian CBDC tentang pembayaran offline. Sumber: samnews24.com

Dilansir dari Cointelegraph, Samsung telah menunjukkan komitmen kuat terhadap tujuan Bank of Korea dalam memperluas penggunaan CBDC di Korea Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemungkinan dan kelayakan menggunakan perangkat Samsung untuk transaksi CBDC offline.

Kolaborasi ini akan memanfaatkan teknologi mobile dan blockchain Samsung yang canggih, yang akan memungkinkan pengguna melakukan transaksi CBDC dengan cepat dan mudah, bahkan tanpa koneksi internet. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat mendorong adopsi CBDC di berbagai sektor ekonomi Korea Selatan.

Baca Juga: Saingan Berat Meta! Samsung Rilis Hardware Metaverse Bareng Google dan Qualcomm

Mengeksplorasi Peluang Pembayaran Offline CBDC

pembayaran offline cbdc
Sumber: Bank of International Settlements

Bank of Korea telah berkomitmen untuk mengeksplorasi semua kemungkinan yang ditawarkan oleh CBDC, termasuk pembayaran offline. Dengan dukungan dari Samsung, mereka sekarang dapat melakukan penelitian yang lebih dalam tentang bagaimana mengintegrasikan CBDC dengan perangkat Samsung.

Ini termasuk mengevaluasi kemungkinan teknis dan tantangan yang mungkin timbul dalam proses integrasi ini. Tujuannya adalah untuk menciptakan solusi pembayaran CBDC yang aman, efisien, dan mudah digunakan oleh masyarakat luas.

“Berdasarkan kerja sama antara kedua perusahaan, Kami berharap dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap perkembangan teknologi CBDC offline global,” ujar Won-Joon Choi, Vice President Samsung Electronics, dikutip dari Cointelegraph, Selasa (16/5/2023).

Baca Juga: Salut! Korea Selatan Optimis Mendominasi Metaverse. Gimana Caranya?

Masa Depan Transaksi Digital

Kolaborasi antara Samsung dan Bank of Korea menandai langkah penting menuju masa depan transaksi digital. Dengan potensi CBDC untuk membawa transparansi, efisiensi, dan keamanan yang lebih besar ke dalam sistem keuangan, penelitian ini dapat membuka jalan bagi revolusi transaksi digital.

Adopsi CBDC yang luas bisa mengubah cara orang bertransaksi, baik secara online maupun offline. Dalam konteks pembayaran offline, hal ini dapat memfasilitasi transaksi yang lebih cepat dan lebih efisien, menghilangkan ketergantungan pada konektivitas internet atau jaringan seluler.

Penggunaan teknologi Samsung dalam penelitian ini juga menunjukkan bagaimana perangkat keras dan perangkat lunak dapat berinteraksi dengan CBDC. Mengingat peran penting Samsung sebagai pemimpin pasar dalam teknologi seluler dan elektronik konsumen, implementasi ini mungkin dapat menciptakan standar baru untuk interaksi antara teknologi dan mata uang digital.

Referensi: