Samourai Wallet: Pendiri Layanan Crypto Mixer Ditangkap Atas Tuduhan Pencucian Uang!

Samourai Wallet: Pendiri Layanan Crypto Mixer Ditangkap Atas Tuduhan Pencucian Uang!

Jakarta, Pintu News – Pendiri Samourai Wallet, layanan pencampur mata uang kripto, telah ditangkap atas tuduhan pencucian uang yang diajukan oleh Departemen Kehakiman Amerika Serikat (DOJ) dan lembaga lainnya. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kronologi Penangkapan

kronologi penangkapan samourai wallet
Tangkapan layar beranda Dompet Samourai. Sumber: doj.gov

Penangkapan para pendiri Samourai Wallet berawal dari penyelidikan yang dilakukan oleh Departemen Kehakiman Amerika Serikat (DOJ) dan lembaga lainnya. Penyelidikan tersebut menemukan bahwa Samourai Wallet telah menawarkan layanan pencampuran kripto yang memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan asal usul mata uang kripto mereka.

Layanan ini diduga telah digunakan untuk memfasilitasi kegiatan kriminal, seperti pencucian uang dan pendanaan terorisme. Pada tanggal 24 April 2023, CEO Samourai Wallet Keonne Rodriguez ditangkap di Pennsylvania, dan kepala teknologi William Hill ditangkap di Portugal.

Penangkapan tersebut dilakukan setelah pihak berwenang memperoleh surat perintah penggeledahan untuk kantor Samourai Wallet di San Francisco dan kediaman para pendirinya.

Baca Juga: Terungkap! Pencucian Aset Crypto Senilai $300 Juta via Bitcoin Mixer

Dakwaan dan Hukuman

bitfinex dan samourai wallet
Sumber: Akun X Bitfinex

Rodriguez dan Hill masing-masing akan menghadapi satu dakwaan konspirasi untuk melakukan pencucian uang, dengan hukuman maksimal 20 tahun penjara, dan satu dakwaan konspirasi untuk mengoperasikan bisnis pengiriman uang tanpa izin, dengan hukuman maksimal lima tahun penjara.

Jika terbukti bersalah, mereka dapat dijatuhi hukuman penjara yang berat. Selain itu, aset Samourai Wallet, termasuk server dan domain perusahaan, telah disita oleh pihak berwenang. Aplikasi Samourai Wallet juga telah dihapus dari Google Play Store.

Baca Juga: Korea Selatan Siapkan Regulasi Ketat untuk Penggunaan Mixer Aset Crypto!

Dampak Penangkapan

Penangkapan para pendiri Samourai Wallet telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan pengguna mata uang kripto. Banyak pengguna yang khawatir bahwa penangkapan ini akan berdampak negatif terhadap privasi dan keamanan mata uang kripto.

Namun, pihak berwenang menegaskan bahwa penangkapan ini tidak ditujukan untuk menargetkan mata uang kripto secara keseluruhan. Penangkapan ini hanya ditujukan kepada individu-individu yang terlibat dalam kegiatan kriminal yang menggunakan mata uang kripto.

Kesimpulan

Penangkapan para pendiri Samourai Wallet merupakan langkah tegas dari pihak berwenang untuk memberantas kegiatan kriminal yang menggunakan mata uang kripto. Penangkapan ini diharapkan dapat memberikan efek jera bagi para pelaku kejahatan yang menggunakan mata uang kripto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi