Samourai Wallet: Pendiri Diduga Lakukan Pencucian Uang Senilai $100 Juta

Samourai Wallet: Pendiri Diduga Lakukan Pencucian Uang Senilai $100 Juta

Jakarta, Pintu News – Pendiri Samourai Wallet, Keonne Rodriguez dan William Lonergan Hill, telah ditangkap oleh Departemen Kehakiman AS atas tuduhan pencucian uang lebih dari $100 juta dan menjalankan layanan pengiriman uang tanpa izin. Penangkapan ini merupakan bagian dari operasi penegakan hukum internasional yang menargetkan penggunaan ilegal “cryptocurrency mixer”.

Samourai Wallet Diduga Terlibat Transaksi Ilegal

Layanan yang disediakan oleh Samourai Wallet, yang telah diunduh lebih dari 100.000 kali, dirancang untuk menyembunyikan aktivitas keuangan pengguna dan telah terlibat dalam lebih dari $2 miliar transaksi ilegal, kata Kantor Kejaksaan Amerika Serikat untuk Distrik Selatan New York dalam siaran pers.

Baca Juga: Hari Q Semakin Dekat: Bisakah Ethereum Selamat dari Krisis Kuantum?

Investigasi terhadap Samourai Wallet, yang menawarkan fitur-fitur peningkatan privasi, melibatkan beberapa lembaga termasuk IRS, FBI, dan Europol. Pihak berwenang telah menghapus aplikasi tersebut dari Google Play Store di AS.

Pendiri Samourai Wallet Ditangkap di Pennsylvania dan Portugal

kronologi penangkapan samourai wallet
Tangkapan layar beranda Dompet Samourai. Sumber: doj.gov

Para pendiri, yang diduga mempromosikan layanan mereka kepada penjahat dan individu yang dikenai sanksi, ditangkap di Pennsylvania dan Portugal, dengan Hill menunggu ekstradisi ke AS. Anggota industri crypto turun ke media sosial untuk mengungkapkan ketidakpuasan mereka tentang penangkapan tersebut.

“Terkejut dan sedih dengan berita tentang Samourai Wallet hari ini. Ini adalah salah satu kegagalan terbesar industri ini bahwa dalam 15 tahun kami masih belum menemukan cara bagi orang untuk menjaga privasi mereka secara legal. PRIVASI ITU NORMAL,” kata Udi Wertheimer, salah satu pendiri Taproot Wizards di X. Peserta industri lainnya telah menyarankan untuk menyiapkan “dana pertahanan” untuk Samourai Wallet.

Penangkapan Pendiri Samourai Wallet Picu Reaksi dari Industri Crypto

Penangkapan pendiri Samourai Wallet telah memicu reaksi dari industri crypto. Beberapa anggota industri menyatakan keprihatinan tentang potensi dampak penangkapan tersebut terhadap privasi pengguna crypto. Yang lain berpendapat bahwa penangkapan tersebut diperlukan untuk menegakkan hukum dan mencegah penggunaan crypto untuk kegiatan ilegal.

Baca Juga: Perusahaan Keamanan Blockchain SlowMist Ungkap Penipuan Crypto Baru

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi