Sam Bankman-Fried: “Saya Tidak Menipu Pelanggan FTX atau Mengambil Dana Mereka”

Sam Bankman-Fried: “Saya Tidak Menipu Pelanggan FTX atau Mengambil Dana Mereka”

Pendiri FTX, Sam Bankman-Fried, membantah tuduhan penipuan dan pencucian uang yang dihadapinya. Dalam persidangan yang berlangsung pada hari Jumat, Bankman-Fried membela diri dan menjelaskan bahwa dia tidak pernah berniat melakukan penipuan.

Bankman-Fried dan Tuduhan Penipuan

Sam Bankman-Fried, yang mendirikan FTX pada tahun 2019 dan Alameda Research pada tahun 2017, menghadapi tujuh tuduhan kriminal, termasuk penipuan kawat, penipuan sekuritas, dan pencucian uang.

Meski demikian, Bankman-Fried membantah telah melakukan penipuan dan mengambil dana pelanggan. Dia mengakui bahwa ada beberapa pengawasan yang signifikan, termasuk tidak adanya tim manajemen risiko di FTX.

Baca Juga: Pendiri FTX, Sam Bankman-Fried, Dituduh Menipu Pelanggan, Apakah terbukti?

Menurut kesaksian dari tim kepemimpinan FTX dan anggota Alameda Research, Bankman-Fried diduga menggunakan dana pelanggan untuk berbagai pengeluaran. Namun, Bankman-Fried berpendapat bahwa pengeluaran luar FTX, seperti hak penamaan di arena olahraga, berasal dari keuntungan perusahaan, bukan uang pelanggan.

Bankman-Fried dan Visi FTX

Mengenal Sam Bankman-Fried, CEO FTX yang Dermawan
Coingape

Bankman-Fried menjelaskan bahwa visi awalnya adalah membangun produk pertukaran crypto terbaik dan mendorong ekosistem ke depan. Dia mengakui bahwa “banyak orang terluka” dan mengakui membuat kesalahan kecil, dengan yang terbesar adalah ketiadaan tim manajemen risiko di FTX.

Bankman-Fried juga membahas pemasaran dan promosi FTX, termasuk sponsor dari FTX Arena. Dia berpikir bahwa pendanaan kesepakatan stadion dan properti mewah dibayar dengan uang operasional FTX dari pendapatan dan investasi ventura.

Bankman-Fried dan Pertahanannya

Pertahanan Bankman-Fried berfokus pada membuktikan bahwa dia tidak berniat melakukan penipuan. Dia juga membahas bagaimana dia menjadi wajah perusahaan dan upayanya yang tidak berhasil untuk mengantisipasi risiko Alameda.

Bankman-Fried mengungkapkan bahwa dia ingin pendapatan FTX mencapai $1 miliar dan terkejut dengan penemuan tambahan uang. Meski demikian, kasus pertahanannya dianggap berisiko, mengingat bukti yang disajikan oleh jaksa penuntut.

Paragraf Penutup

Meski menghadapi tuduhan serius, Sam Bankman-Fried tetap optimis dan berusaha membuktikan bahwa dia tidak bersalah. Dia berharap bahwa persidangan ini akan membawa keadilan dan kebenaran yang sebenarnya.

Baca Juga: Sam Bankman-Fried Minta Penjelasan dan Pertimbangan Ulang dari Pengadilan

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi