Sam Bankman-Fried Minta Pengadilan untuk Kurangi Hukuman Penjara Menjadi 63-78 Bulan

author:

Sam Bankman-Fried Minta Pengadilan untuk Kurangi Hukuman Penjara Menjadi 63-78 Bulan

Dalam saga yang mengguncang dunia crypto, Sam Bankman-Fried, pendiri FTX, mengungkapkan penyesalan mendalam atas skandal penipuan $8 miliar dan berupaya untuk mendapatkan hukuman yang lebih ringan.

Dengan potensi hukuman maksimal 110 tahun penjara, tim hukumnya kini mengajukan permohonan kepada pengadilan untuk memotong masa hukuman menjadi hanya 63-78 bulan.

Pengakuan dan Penyesalan SBF

Sam Bankman-Fried, dalam sebuah pernyataan yang penuh penyesalan, menyatakan kesalahannya dalam skandal penipuan $8 miliar yang mengguncang industri crypto.

Baca juga: Skandal Crypto: Keterlibatan Deltec Bank dalam Skema Manipulasi Tether oleh SBF Terungkap!

Dengan mengakui perbuatannya, ia berharap dapat kembali berkontribusi secara produktif bagi masyarakat dalam waktu dekat.

Pengacara Bankman-Fried menekankan pada karya amal dan komitmen Bankman-Fried terhadap orang lain sebagai faktor yang harus dipertimbangkan dalam penentuan hukuman.

Mereka berargumen bahwa hukuman yang memungkinkan Bankman-Fried segera kembali ke peran produktif di masyarakat akan cukup memenuhi tujuan dari hukuman tersebut.

Permohonan Hukuman Lebih Ringan

kasus ftx sbf
Sumber: AFR

Dalam upaya untuk mengurangi masa hukuman, tim hukum Bankman-Fried telah mengajukan memo kepada Pengadilan Distrik Amerika Serikat untuk Distrik Selatan New York, meminta hakim untuk mengeluarkan hukuman penjara antara lima setengah dan enam setengah tahun.

Permohonan ini jauh lebih rendah dari rekomendasi hukuman 100 tahun yang diajukan oleh Laporan Investigasi Pra-hukuman (PSR).

Tim hukumnya berargumen bahwa rekomendasi hukuman 100 tahun oleh PSR adalah kejam, mengingat Bankman-Fried adalah pelaku pertama kali tanpa catatan kriminal sebelumnya.

Baca juga: CEO Tether Prediksi Masa Depan Bitcoin Pasca Persetujuan ETF!

Mereka juga menyoroti bahwa korban dalam kasus ini berpotensi untuk pulih sepenuhnya, dengan aset FTX yang bangkrut diharapkan dapat sepenuhnya membayar kembali pelanggan.

Kehidupan di Penjara dan Nasihat Investasi

Selama masa tahanannya di Pusat Penahanan Metropolitan di Brooklyn, New York, sejak musim panas 2023, telah muncul beberapa cerita tentang kehidupan Bankman-Fried di balik jeruji.

Dari perdagangan mackerel untuk potongan rambut hingga diduga diperas untuk perlindungan, kisah-kisah ini menambah dimensi baru pada narasi yang sudah rumit.

Salah satu cerita terbaru yang muncul adalah bahwa Bankman-Fried menawarkan nasihat perdagangan dan investasi kepada penjaga penjara, bahkan menyarankan mereka untuk berinvestasi di Solana, token crypto yang memiliki sejarah panjang dengannya.

FTX, yang pernah menjadi salah satu bursa crypto terbesar dengan valuasi $32 miliar pada Januari 2022, runtuh pada November tahun yang sama, dengan Bankman-Fried dinyatakan bersalah atas penyalahgunaan dana pelanggan sebesar $8 miliar dan berbagai tuduhan penipuan lainnya.

Dengan permohonan maaf yang tulus dan usulan hukuman yang lebih ringan, saga Sam Bankman-Fried dan FTX terus menarik perhatian dunia. Apakah pengadilan akan mengabulkan permintaan hukuman yang lebih ringan, atau apakah Bankman-Fried akan menghadapi konsekuensi penuh dari perbuatannya, masih harus dilihat.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Forbes