Sam Bankman-Fried di Penjara: Dari Raja Crypto ke Tukang Barter Ikan Kering

Sam Bankman-Fried di Penjara: Dari Raja Crypto ke Tukang Barter Ikan Kering

Sam Bankman-Fried, mantan raja crypto, kini terpaksa menukar ikan kering seharga $1 untuk mendapatkan potongan rambut di penjara. Ia menunggu hukuman atas kasus penipuan FTX senilai $10 miliar.

Adaptasi Hidup di Penjara

Bankman-Fried kini beradaptasi dengan kehidupan di Metropolitan Detention Center, Brooklyn. Ia belajar tentang mata uang utama di penjara, yaitu paket ikan kering atau yang dikenal sebagai macks.

Macks menggantikan rokok sebagai mata uang utama setelah rokok dilarang. Bankman-Fried bahkan menukarkan beberapa paket macks miliknya untuk mendapatkan potongan rambut menjelang sidang berikutnya.

Baca Juga: Sam Bankman-Fried Minta Penjelasan dan Pertimbangan Ulang dari Pengadilan

Teman selnya termasuk mantan presiden Honduras yang menunggu sidang kriminal dan seorang petugas polisi senior dari Meksiko. Meski tidak lagi melakukan perdagangan sendiri, Bankman-Fried memberikan tips crypto kepada penjaga penjara.

Kasus Penipuan dan Kehidupan di Penjara

Bankman-Fried dinyatakan bersalah atas tujuh tuduhan penipuan setelah pengadilan selama sebulan. Jaksa penuntut menuduhnya merampok miliaran dolar dari pengguna FTX karena keserakahan. Hanya kurang dari setahun setelah FTX bangkrut, kejatuhan ini menghapus kekayaan pribadinya yang diperkirakan sebesar $26 miliar.

Bankman-Fried telah ditahan sejak Agustus, setelah hakim mencabut jaminannya sebesar $250 juta dengan alasan ada bukti kuat bahwa pedagang crypto ini mencoba mengintimidasi saksi. Kini, ia harus bertukar rumah mewahnya senilai $30 juta di Bahamas dengan penjara yang kondisinya sangat buruk.

Penutup

Bankman-Fried akan dijatuhi hukuman pada 28 Maret tahun depan dan berpotensi menghabiskan puluhan tahun di balik jeruji. Christopher Zoukis, konsultan penjara, memperkirakan bahwa ia kemungkinan akan dikirim ke fasilitas federal dengan keamanan rendah atau menengah.

Baca Juga: Sam Bankman-Fried Minta Penjelasan dan Pertimbangan Ulang dari Pengadilan

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi