Setelah Drama Panjang, Sam Altman Memutuskan untuk Kembali ke OpenAI!

author:

Setelah Drama Panjang, Sam Altman Memutuskan untuk Kembali ke OpenAI!

Dalam sebuah peristiwa yang penuh drama, Sam Altman, mantan CEO OpenAI, telah kembali ke perusahaan OpenAI setelah pemecatannya beberapa hari sebelumnya. Keputusan ini diambil setelah perusahaan menghadapi ancaman mogok massal dari karyawan dan potensi tuntutan hukum dari investor.

Sam Altman Kembali ke OpenAI

sam altman kembali ke openai
Sumber: Twitter

Berdasarkan cuitan akun OpenAI di Twitter pada 22 November 2023, Sam Altman, pendiri OpenAI, telah kembali ke perusahaan setelah pemecatannya dalam sebuah pergantian kekuasaan dewan direksi.

Baca juga: Setelah Dipecat, Investor OpenAI Terus Dorong Kembalinya Sam Altman Sebagai CEO

Selain itu, Altman mengumumkan bahwa dia telah mencapai “kesepakatan prinsip” untuk kembali ke perusahaan, dan sedang “berkolaborasi untuk mencari tahu detailnya.”

Dalam sebuah pernyataan di Twitter setelah pengangkatannya kembali, Altman mengatakan, “saya sangat mencintai openai, dan segala yang telah saya lakukan selama beberapa hari terakhir adalah untuk menjaga tim ini dan misinya bersama.”

Sumber: Twitter

Dia menambahkan, “saya menantikan untuk kembali ke openai.”

Seiring dengan kembalinya Altman, OpenAI akan menunjuk dewan baru, yang terdiri dari ketua Bret Taylor, Larry Summers, dan Adam D’Angelo.

Greg Brockman, pendiri OpenAI lainnya yang mengundurkan diri setelah kepergian Altman, juga akan kembali ke perusahaan, dia mengumumkan, menambahkan bahwa dia “kembali ke coding malam ini.”

Microsoft dan Perubahan Tata Kelola OpenAI

Setelah pemecatan dari OpenAI kemarin, Microsoft, investor terbesar OpenAI, sempat memilih Altman dan Brockman untuk memimpin tim penelitian AI lanjutan mereka. Namun, dengan lebih dari 90% karyawan OpenAI mengancam untuk mengikuti Altman ke usaha barunya, dan investor menjelajahi tindakan hukum, perusahaan ini pada akhirnya terlibat dalam “diskusi intens” untuk mengembalikannya sebagai CEO.

Tugas pertama bagi perusahaan kemungkinan akan menjadi reorganisasi struktur tata kelola yang tidak biasa, yang memberdayakan dewan untuk menahan tekanan dari investor. Awalnya dimaksudkan untuk mencegah pertimbangan keuntungan mengesampingkan keamanan dalam pengembangan kecerdasan buatan, struktur ini telah mendapat sorotan, dengan CEO Microsoft Satya Nadella mencatat bahwa,

“Pada titik ini, saya pikir sangat jelas bahwa sesuatu harus berubah seputar tata kelola.”

Setelah berita pengangkatan kembali Altman sebagai CEO, Nadella men-tweet bahwa,

“Kami diberi semangat oleh perubahan pada dewan OpenAI. Kami percaya ini adalah langkah penting pertama pada jalan menuju tata kelola yang lebih stabil, berpengetahuan, dan efektif.”

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: