Sam Altman, CEO OpenAI Optimis untuk Kerjasama Global AI: Apa yang Menyebabkan Perubahan Pandangan?

Sam Altman, CEO OpenAI Optimis untuk Kerjasama Global AI: Apa yang Menyebabkan Perubahan Pandangan?

Sam Altman, CEO OpenAI, perusahaan teknologi yang bertanggung jawab atas penciptaan sistem artificial inteligence (AI) terkenal, ChatGPT, menyampaikan harapan baru untuk kerja sama internasional dalam bidang AI.

Baru-baru ini, Altman melakukan tur global ke berbagai ibu kota untuk memanfaatkan minat yang tumbuh pada AI generatif dan mempengaruhi bagaimana teknologi yang sedang muncul ini diatur.

Prospek Menjanjikan untuk Kerjasama AI

Saat menyelesaikan perjalanannya, Altman mengungkapkan pergeserannya dari skeptisisme menjadi optimisme tentang lanskap AI global. Awalnya, dia tidak yakin jika kerja sama global langsung untuk mengurangi risiko eksistensial yang terkait dengan AI adalah hal yang layak.

Namun, pertemuan yang dia alami sepanjang perjalanannya membawanya ke kesimpulan yang lebih cerah.

Baca Juga: OpenAI Siap Rilis Model AI Open Source Baru, Bakal Seperti Apa?

“Ada momentum menjanjikan yang sedang dibangun di seluruh dunia untuk kolaborasi efektif di AI,” kata Altman saat berbicara kepada mahasiswa di Tokyo.

Perasaan ini berasal dari kunjungannya ke berbagai negara dan keterlibatannya dengan pemimpin global dalam upaya menavigasi potensi dan ancaman AI yang rumit.

Pertumbuhan AI dan Jejak Global OpenAI

openai chatgpt
Sumber: Investing News Network

Selama perjalanan globalnya, Altman mengunjungi Jepang pada bulan April 2023, membahas prospek potensial dengan Perdana Menteri Fumio Kishida. Saat berada di Jepang, Altman memberi petunjuk tentang kemungkinan mendirikan kantor OpenAI di negara tersebut.

Pertemuan Altman dilaporkan berjalan dengan baik, meskipun tidak ada detail lebih lanjut yang diberikan. Lanskap teknologi Jepang sangat menarik karena posisinya yang unik.

“Ada sejarah yang kaya tentang interaksi harmonis manusia-mesin di Jepang,” kata Altman, menekankan potensi negara tersebut untuk menjadi pemain utama dalam bidang AI.

Baca Juga: Wow, OpenAI Tembus Rekor 1 Miliar Pengunjung!

Dengan beberapa tujuan lagi di jadwalnya, termasuk Singapura, Indonesia, dan Australia, Altman sedang dalam misi untuk memperluas jangkauan dan pengaruh OpenAI secara global.

Optimismenya menandakan tanda yang mendorong kemungkinan kerja sama global. Namun, rincian kerja sama tersebut dan implikasinya untuk masa depan AI masih harus dilihat.

Meski ada tantangan, tur Altman menekankan komitmen OpenAI untuk mendorong ekosistem AI global yang inklusif.

Sebagai dunia yang bersama-sama menjelajahi dunia baru AI, pentingnya kerja sama dan pemahaman bersama antarnegara tidak bisa ditawar-tawar lagi. Dengan OpenAI memimpin, masa depan kerja sama AI global tampak menjanjikan.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: