Heboh! Saham Penambangan Bitcoin Lampaui $3,5 Miliar dalam Sehari

author:

Heboh! Saham Penambangan Bitcoin Lampaui $3,5 Miliar dalam Sehari

Dalam sebuah fenomena yang mengejutkan pasar keuangan, saham perusahaan penambangan Bitcoin mencatatkan volume perdagangan yang fantastis, melampaui $3,5 miliar dalam satu hari.

Kegiatan ini tidak hanya menarik perhatian investor tetapi juga menempatkan industri crypto dalam sorotan yang lebih luas.

Marathon Digital Pimpin Pasar

saham penambangan bitcoin
Perusahaan-perusahaan yang terdaftar di AS yang diperingkat berdasarkan volume per 8 Januari 2024 – Sumber: Yahoo Finance

Mengutip laporan Cointelegraph, Marathon Digital, salah satu perusahaan penambangan Bitcoin terbesar, mencatat rekor sebagai saham dengan volume perdagangan tertinggi di Amerika Serikat.

Baca juga: Marathon Digital Bersiap Lepas Bitcoin Lagi, Simak Strateginya!

Pada tanggal 8 Januari 2024, saham Marathon Digital (MARA) diperdagangkan sebanyak 112 juta lembar, mengungguli raksasa teknologi seperti Tesla, AMD, Nvidia, dan Apple. Tesla, yang menduduki posisi kedua, hanya mencatatkan volume perdagangan sekitar 85 juta lembar saham.

Sementara itu, Riot Platforms, perusahaan penambangan Bitcoin lainnya, juga menunjukkan performa yang mengesankan dengan volume perdagangan yang signifikan. Kedua perusahaan ini, Marathon Digital dan Riot Platforms, secara keseluruhan mencatatkan volume perdagangan gabungan sebesar $3,55 miliar. Hal ini menandakan minat yang tinggi dari para investor terhadap sektor penambangan Bitcoin.

Grayscale dan ETF Bitcoin

saham gbtc
Sumber: X

Grayscale’s Bitcoin Trust (GBTC) juga tidak ketinggalan dalam pesta perdagangan ini dengan volume hampir setengah miliar dolar pada tanggal yang sama. Menurut Eric Balchunas, seorang ahli industri, volume perdagangan GBTC lebih tinggi dari 99% dari 3.000 ETF yang ada saat ini.

Grayscale berharap untuk mengubah atau “uplist” dana mereka menjadi ETF Bitcoin spot, menunggu persetujuan dari Securities and Exchange Commission. Persetujuan yang ditunggu-tunggu ini dapat membawa perubahan signifikan pada cara investor mengakses Bitcoin melalui pasar saham.

Jika disetujui, ETF Bitcoin spot akan memungkinkan investor untuk berinvestasi dalam Bitcoin tanpa perlu memegang aset crypto secara langsung, yang bisa menjadi langkah besar bagi adopsi crypto di kalangan investor tradisional.

Baca juga: Pemasukan Produk Crypto Tembus $151 Juta di Minggu Pertama 2024, Sinyal Bullish Menguat?

Investasi dan Pengembangan di Sektor Penambangan

Core Scientific, perusahaan penambangan Bitcoin lainnya, baru-baru ini mendapatkan investasi ekuitas sebesar $55 juta saat mereka keluar dari krisis utang. Penawaran ekuitas yang berakhir pekan lalu ini ternyata oversubscribed, menunjukkan minat yang kuat dari investor.

Core Scientific berencana untuk kembali terdaftar di bursa Nasdaq setelah proses kebangkrutan selesai, bergabung dengan saham penambangan yang sedang naik daun.

CleanSpark, perusahaan yang bergerak di bidang penambangan Bitcoin, juga mengumumkan kesepakatan strategis yang memungkinkan mereka untuk membeli hingga 160.000 penambang hingga akhir tahun 2024. Kesepakatan ini menandakan ekspansi yang agresif dan keyakinan terhadap pertumbuhan sektor penambangan Bitcoin di masa depan.

Pada akhirnya, kesuksesan yang diraih oleh saham penambangan Bitcoin ini mencerminkan optimisme yang tumbuh di sektor crypto, meskipun di tengah peringatan dari regulator. Dengan potensi persetujuan ETF Bitcoin spot dan pengembangan yang terus berlanjut, masa depan industri crypto tampaknya akan semakin menarik perhatian dunia.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: