Saham Perusahaan Mining Bitcoin Ini Melonjak Jelang Halving, Apa Rahasianya?

Saham Perusahaan Mining Bitcoin Ini Melonjak Jelang Halving, Apa Rahasianya?

Jakarta, Pintu News – Perusahaan penambangan Bitcoin yang berbasis di British Columbia, IREN, mengalami lonjakan harga saham yang signifikan menjelang halving Bitcoin. Lonjakan ini terjadi setelah perusahaan mengumumkan bahwa mereka telah sepenuhnya mendanai rencana ekspansi 2024 yang akan lebih dari dua kali lipat kekuatan armada komputernya untuk menghasilkan unit baru mata uang digital terkemuka ini. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Ekspansi Besar-besaran IREN

Dalam pembaruan kepada investor pada hari Senin, perusahaan mengonfirmasi bahwa kapasitas penambangannya saat ini sebesar 8 exahashes per detik (EH/s) akan meningkat menjadi 20 EH/s dalam sembilan bulan ke depan. Kapasitas pusat data mereka, yang mendukung penambangan Bitcoin dan layanan cloud AI, juga akan lebih dari dua kali lipat dari 220 megawatt (MW) menjadi 460 MW tahun ini.

Menyusul pengumuman tersebut, saham IREN naik 19% pada hari Senin menjadi harga saat ini $6,42 per saham, dan sempat naik lebih dari $6,50 per saham—harga tertinggi sejak Februari. Kenaikan ini bertentangan dengan tren penurunan harga saham crypto secara keseluruhan, termasuk penambang saingan Cleanspark (-9,8%), bursa crypto Coinbase (-2,7%) dan MicroStrategy (-4,3%).

Baca Juga: Ekspansi Besar-Besaran Cipher Mining: 16.700 Penambang Bitcoin Baru Siap Beroperasi!

Posisi IREN di Pasar

mining race
Generated by AI

Tiga saham terakhir telah berkinerja luar biasa bersama Bitcoin (BTC) sejak awal tahun, menikmati masuknya modal yang dipicu oleh peluncuran ETF spot Bitcoin pada bulan Januari. Meskipun hal yang sama tidak dapat dikatakan untuk sebagian besar penambang Bitcoin, IREN dan sebagian besar perusahaan industri mulai rebound bulan lalu, merebut kembali posisi pasar mereka sebagai investasi BTC dengan volatilitas lebih tinggi.

Baca Juga: Jelang Bitcoin Halving, Cipher Mining Lakukan Pembelian 16.700 Penambang Baru!

Tantangan dan Peluang

Dalam tiga bulan terakhir, tantangan bagi penambang telah berlipat ganda: Di satu sisi, banyak perusahaan tidak lagi perlu menggunakan saham penambangan sebagai proksi untuk BTC dengan ETF sekarang tersedia. Di sisi lain, halving Bitcoin yang akan datang—diperkirakan pada 20 April—akan memotong setengah hadiah BTC untuk menambang blok, mengancam untuk menghapus penambang yang saat ini beroperasi dengan margin tipis.

Analisis ahli telah menunjukkan bahwa sebagian besar penambang yang diperdagangkan secara publik—termasuk IREN—tidak berada dalam kategori tersebut, karena mereka dapat memproduksi koin rata-rata mereka jauh lebih murah daripada pesaing yang lebih kecil. Pembaruan hari Senin juga menunjukkan bahwa perusahaan tersebut memiliki $300 juta dalam bentuk tunai tanpa utang, memberikan bantalan dalam kasus turbulensi pasar selama beberapa bulan ke depan.

Dengan kapasitas penuh 20 EH/s, IREN mengharapkan untuk menghasilkan $269 juta keuntungan perangkat keras tahunan. Menurut Yahoo Finance, kapitalisasi pasar perusahaan saat ini adalah $672,5 juta.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: