Ambruknya Saham ETF Bitcoin: Akhir dari Kejayaan?

Ambruknya Saham ETF Bitcoin: Akhir dari Kejayaan?

Ketika pasar crypto mengalami guncangan, bukan hanya nilai mata uang digital yang terpukul, tetapi juga saham perusahaan crypto yang terdaftar di bursa.

Pada penutupan pasar Jumat lalu, beberapa saham perusahaan crypto terkemuka harus menelan pil pahit dengan kerugian yang signifikan. Hal ini menandai perubahan drastis dari tren positif yang sebelumnya mereka nikmati.

Kerugian di Pasar Saham Crypto

Kegiatan perdagangan ETF Bitcoin spot yang tinggi pada hari Kamis dan Jumat tidak mampu menahan kerugian yang dialami oleh perusahaan crypto yang terdaftar di bursa crypto. Bitwise dengan BITB-nya mengalami penurunan sebesar 6,19%, sementara Fidelity Wise Origin Bitcoin Fund (FBTC) juga mengalami kerugian yang sama.

Ini menunjukkan bahwa meskipun ada minat yang tinggi pada produk crypto, saham perusahaan yang terkait tidak selalu bergerak seiring dengan tren tersebut. ETF Bitcoin spot telah mencatatkan volume perdagangan yang mengesankan sejak diluncurkan, dengan total mencapai $7,65 miliar.

Baca Juga: Turki Siapkan Regulasi Ketat untuk Aset Crypto, Apa Dampaknya Bagi Investor?

Namun, hal ini tampaknya tidak cukup untuk menopang saham perusahaan crypto yang terus merosot. Investor dan analis pasar kini mempertanyakan apakah ini merupakan tanda-tanda awal dari penurunan yang lebih luas di industri crypto.

Perusahaan Crypto Terkemuka Terpukul

portofolio microstrategy
Sumber: U Today

Microstrategy, salah satu pemain besar di industri crypto, juga tidak luput dari dampak penurunan ini. Perusahaan yang dikenal dengan investasi besar-besaran di Bitcoin ini harus menghadapi realitas pasar yang tidak menentu.

Marathon, perusahaan penambangan Bitcoin, juga mengalami nasib yang serupa, dengan sahamnya terpukul oleh sentimen negatif yang melanda pasar.

Berita ini, yang disampaikan oleh Jamie Redman, seorang jurnalis yang fokus pada pasar crypto, menunjukkan bahwa meskipun ada banyak berita yang menggembirakan tentang inovasi dan adopsi crypto, saham perusahaan yang terlibat dalam industri ini masih sangat rentan terhadap volatilitas pasar.

Hal ini menjadi pengingat bagi kamu bahwa investasi di saham crypto memerlukan pemahaman yang mendalam tentang risiko yang terlibat.

Paragraf Penutup

Kondisi pasar crypto yang fluktuatif ini memberikan pelajaran penting bagi investor crypto untuk selalu waspada. Meskipun ada potensi keuntungan yang besar, risiko kerugian juga tidak bisa diabaikan. Kejadian ini menjadi bukti bahwa dalam dunia investasi, terutama di sektor crypto, tidak ada yang pasti dan setiap keputusan harus dipertimbangkan dengan matang.

Baca Juga: Strategi Coinbase Mengguncang Dunia Crypto dengan Rollup Base! Apa yang Terjadi?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi