Heboh! Saham Coinbase dan Marathon Melonjak Lebih dari 300%, Ini Respon Para Investor!

Heboh! Saham Coinbase dan Marathon Melonjak Lebih dari 300%, Ini Respon Para Investor!

Kabar gembira bagi para investor crypto! Tahun 2023 menjadi tahun yang fenomenal dengan lonjakan harga saham perusahaan crypto yang mencapai lebih dari 300%. Hal ini terjadi seiring dengan meningkatnya harga Bitcoin yang mencapai puncak baru tahun ini, serta optimisme terhadap persetujuan ETF Bitcoin. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Lonjakan Saham Perusahaan Crypto

pergerakan saham
Peta visual dari harga satu hari saham S&P 500 menunjukkan hasil yang beragam pada tanggal 4 Desember 2023. Sumber: Finviz

Perusahaan crypto yang terdaftar di bursa saham telah mencatatkan kenaikan yang signifikan di tahun 2023. Coinbase, sebagai salah satu bursa crypto terkemuka, menutup hari dengan kenaikan 5,5% dan mencatat kenaikan 320% sejak awal tahun berdasarkan data dari Google Finance.

Perusahaan penambang Bitcoin seperti Marathon Digital dan Riot Platforms juga tidak ketinggalan. Kedua perusahaan ini menutup hari dengan kenaikan lebih dari 8%, dengan kenaikan tahunan masing-masing sebesar 337% dan 345%. Ini menunjukkan betapa panasnya pasar crypto saat ini.

Baca Juga: Coinbase Meluncurkan Crypto Futures yang Diatur untuk Pedagang Ritel Amerika Serikat

Optimisme Pasar Terhadap ETF dan Halving Bitcoin

saham dan btc
Grafik yang menunjukkan korelasi harga antara Bitcoin (merah) dan Coinbase (biru) sejak Juni 2022. Sumber: IG

Tony Sycamore, analis pasar dari IG Australia, menyatakan bahwa kenaikan saham terkait crypto ini didorong oleh kenaikan harga Bitcoin yang spektakuler dalam beberapa bulan terakhir. Bitcoin sendiri telah naik hampir 152% sejak awal tahun dan kini mendekati harga $42.000, mencapai titik tertinggi dalam 19 bulan terakhir.

Investor melihat saham crypto sebagai cara untuk mendapatkan eksposur terhadap crypto sebelum Amerika Serikat menyetujui ETF Bitcoin spot. Jon de Wet, kepala investasi dari platform crypto Zerocap, menambahkan bahwa potensi persetujuan ETF dan halving Bitcoin menambah “api yang serius dalam kuali” bagi ruang crypto.

Baca Juga: Coinbase Menaklukkan Spanyol, Langkah Besar Menuju Ekspansi Eropa!

Prospek Masa Depan dan Sentimen Pasar

Tina Teng, analis dari CMC Markets, setuju bahwa saham crypto berfungsi sebagai “proksi yang terdaftar di bursa” bagi investor untuk terpapar secara tidak langsung ke pasar crypto. ETF yang tertunda telah menjadi faktor “micro-bullish” untuk reli Bitcoin sejak Agustus. De Wet menekankan bahwa ETF merupakan penggerak utama dalam sentimen pasar.

Selain itu, pasar crypto yang semakin matang membuat para pelaku pasar semakin melihat nilai dalam aset yang langka. Sycamore menambahkan bahwa gelombang kegembiraan terbaru ini akan menarik investor crypto baru, dan peningkatan minat, volatilitas, dan volume akan berarti peningkatan pendapatan dan keuntungan bagi bursa crypto dan bisnis serupa.

Tahun 2023 tampaknya menjadi tahun yang luar biasa bagi industri crypto, dengan saham perusahaan-perusahaan terkait crypto melonjak tajam. Hal ini menandakan semakin banyaknya investor yang tertarik pada aset digital dan potensi pertumbuhan yang besar di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: