Top 5 RWA (Real World Asset) Crypto List di Tahun 2024!

author:

Top 5 RWA (Real World Asset) Crypto List di Tahun 2024!

Memasuki tahun 2024, dunia crypto terus berkembang dengan inovasi dan adopsi yang tak terhenti. Di tengah-tengah evolusi pasar crypto, aset digital yang didukung oleh aset nyata (Real-World Assets atau RWA) semakin menarik perhatian investor dan penggemar crypto.

RWA crypto menawarkan kestabilan dan keamanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan aset crypto tradisional, menjadikannya pilihan yang menarik bagi mereka yang mencari diversifikasi portofolio dan risiko yang lebih terkendali.

Berdasarkan data terbaru dari CoinGecko, kami telah mengumpulkan top 5 RWA crypto list berdasarkan kapitalisasi pasar di tahun 2024. Simak selengkapnya, yuk!

Ondo ($ONDO) – Market Cap: $1 Miliar

ondo crypto
Sumber: Ondo Finance

Menempati posisi puncak dalam daftar lima besar RWA crypto di tahun 2024, Ondo dengan kapitalisasi pasar mencapai $1 miliar, menandai tonggak penting dalam misinya untuk mendemokratisasi akses ke keuangan institusional.

Para pemegang token ONDO diberi kepercayaan untuk membentuk masa depan Ondo DAO, yang memberikan mereka hak-hak tertentu terkait dengan Flux Finance, yang saat ini di bawah pengawasan Ondo DAO.

Baca juga: Ondo Finance Memperluas Platform Aset Tokenized ke Wilayah Asia Pasifik!

Sejak diluncurkan pada Januari 2024, ONDO telah mengalami peningkatan yang mengesankan lebih dari 350% baru-baru ini, yang mencerminkan meningkatnya minat terhadap keuangan terdesentralisasi (DeFi) dan aset-aset yang diberi token.

Melonjaknya dalam reli harga ONDO bertepatan dengan perusahaan manajemen aset terbesar di dunia, BlackRock, yang memasuki dunia Blockchain dengan menawarkan dana token di Ethereum, yang menyebabkan peningkatan yang signifikan pada harga berbagai token Real World Asset (RWA).

MANTRA ($OM) – Market Cap: $480 Juta

manatra dao om crypto
Sumber: Medium

Dengan kapitalisasi pasar sebesar $480 juta, MANTRA berhasil menduduki posisi kedua dalam daftar lima besar RWA crypto di tahun 2024, menegaskan posisinya sebagai Blockchain Layer 1 yang mengutamakan keamanan dan mampu mematuhi serta menegakkan persyaratan regulasi dunia nyata.

Dirancang untuk Institusi dan Pengembang, MANTRA menyediakan Blockchain tanpa izin untuk aplikasi yang memerlukan izin, menawarkan solusi inovatif di tengah tuntutan keamanan dan regulasi yang ketat.

Baru-baru ini, MANTRA telah berhasil menyelesaikan putaran pendanaan sebesar $11 juta, dengan Shorooq Partners memimpin jalannya.

Baca juga: Harga OM Melonjak 30%, Mengapa Harga Mantra Crypto Naik Hari Ini?

Shorooq Partners, investor ventura dan teknologi terkemuka di kawasan MENA, bergabung dengan investor kunci lainnya termasuk Three Point Capital, Forte Securities, Caladan, Virtuzone, Hex Trust, Token Bay Capital, GameFi Ventures, Mapleblock, Fuse Capital, dan 280 Capital.

Polymesh ($POLYX) – Market Cap: $475 Juta

polymesh vs ethereum
Sumber: Securities.io

Dengan kapitalisasi pasar sebesar $475 juta, Polymesh berhasil menempati posisi ketiga dalam daftar lima besar RWA crypto di tahun 2024, menandai keberhasilannya sebagai blockchain berizin tingkat institusional yang dirancang khusus untuk aset teratur.

Polymesh menyederhanakan proses kuno dan membuka pintu bagi instrumen keuangan baru dengan mengatasi tantangan infrastruktur publik terkait tata kelola, identitas, kepatuhan, kerahasiaan, dan penyelesaian.

POLYX, token protokol asli Polymesh, digunakan untuk staking dan mengamankan jaringan, membayar biaya transaksi, serta berpartisipasi dalam tata kelola.

Pada saat penulisan (23/3), di saat pasar crypto didominasi oleh penurunan, POLYX berhasil mencuri perhatian karena mengalami lonjakan harga sekitar 20,89% dalam waktu 24 jam terakhir.

Baca juga: Polymesh: Kekuatan Tersembunyi Blockchain dalam Dunia Aset yang Teregulasi!

Centrifuge ($CFG) – Market Cap: $440 Juta

centrifuge crypto rwa
Sumber: The Block

Dengan kapitalisasi pasar sebesar $440 juta, Centrifuge berhasil menduduki posisi keempat dalam daftar lima besar RWA crypto di tahun 2024, menegaskan perannya sebagai protokol pembiayaan aset terdesentralisasi.

Centrifuge menghubungkan keuangan terdesentralisasi (DeFi) dengan aset dunia nyata (RWA) sambil berupaya menurunkan biaya modal bagi usaha kecil dan menengah (UKM) serta menyediakan sumber pendapatan yang stabil bagi investor.

Tujuan utama dari proyek ini adalah untuk menghasilkan keuntungan yang tidak terkait dengan aset kripto yang mudah berubah; para pengembang mengejar tugas untuk mentransfer nilai moneter real dari fiat ke mata uang kripto.

Pendle ($PENDLE) – Market Cap: $345 Juta

tvl pendle
Sumber: U Today

Dengan kapitalisasi pasar sebesar $345 juta, Pendle berhasil menempati posisi kelima dalam daftar lima besar RWA crypto di tahun 2024, menandai inovasinya dalam protokol yang memungkinkan tokenisasi dan perdagangan hasil masa depan.

Melalui penciptaan AMM inovatif yang mendukung aset dengan penurunan nilai waktu, Pendle memberikan pengguna lebih banyak kendali atas hasil masa depan dengan menyediakan opsi dan peluang untuk pemanfaatannya.

Pada saat penulisan (23/3), di saat pasar crypto didominasi oleh penurunan, Pendle berhasil mencuri perhatian karena mengalami lonjakan harga sekitar 15,00% dalam waktu 24 jam terakhir.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: