Meski Menghadapi Penolakan, RUU Stablecoin AS Lolos dari Persetujuan Komite Kongres!

author:

Meski Menghadapi Penolakan, RUU Stablecoin AS Lolos dari Persetujuan Komite Kongres!

RUU stablecoin di Amerika Serikat telah mencapai tonggak penting meski mendapat perlawanan dari Partai Demokrat dan Gedung Putih. Komite Layanan Keuangan DPR AS telah maju dengan RUU yang bertujuan untuk menetapkan kerangka regulasi federal untuk stablecoin, jenis mata uang crypto yang biasanya dipegang pada aset tradisional, seringkali dolar AS.

Lebih lanjut, RUU ini akan meminta Federal Reserve AS untuk menulis persyaratan untuk penerbitan stablecoin sambil mempertahankan otoritas regulator negara bagian.

Persetujuan Komite dan Perlawanan Partai Demokrat

ruu stablecoin di amerika serikat
Sumber: PYMNTS

RUU stablecoin telah berhasil melewati Komite Layanan Keuangan DPR AS, sebuah langkah penting dalam proses legislatif. Setelah sekitar 11 jam markup, RUU ini disetujui dengan 34 suara mendukung dan 19 suara menentang.

Baca juga: New York Memperkenalkan RUU Stablecoin sebagai Pembayaran Jaminan

Belum sepenuhnya selesai, RUU ini masih menghadapi perlawanan dari beberapa anggota Partai Demokrat. Beberapa anggota Demokrat dari komite, termasuk Maxine Waters dan Patrick McHenry, telah mencoba menarik dukungan mereka dari RUU ini. Mereka berpendapat bahwa RUU ini memiliki “kecacatan besar” dan menciptakan celah yang memungkinkan perusahaan komersial untuk menerbitkan uang mereka sendiri.

Meski ada perlawanan, lima anggota Demokrat akhirnya memilih untuk mendukung RUU ini. Dukungan mereka membantu memperkuat jalannya RUU ini melalui komite dan menunjukkan bahwa ada beberapa anggota Partai Demokrat yang melihat potensi dalam RUU ini.

Isi RUU Stablecoin dan Implikasinya

RUU stablecoin dirancang untuk menanggapi kekhawatiran Demokrat bahwa penerbit stablecoin dapat memilih untuk menghindari pengawasan federal dengan memilih untuk diatur oleh negara bagian.

RUU ini sekarang mengakui kekuatan kedua otoritas tersebut sambil memberikan kejelasan kepada penerbit dan pengguna potensial stablecoin ini di Amerika. Lebih lanjut, RUU ini akan memiliki dampak signifikan pada cara stablecoin dikelola dan diatur, dan dapat membawa perubahan besar dalam ekosistem crypto.

Baca juga: Republik Palau dan Ripple Labs Menambang Palau Stablecoin (PSC) Pertama

Pandangan Kritikal dan Masa Depan RUU Stablecoi

Meski RUU ini telah mendapatkan persetujuan dari Komite Layanan Keuangan, masih ada banyak kritik dan perlawanan terhadap RUU ini. Beberapa anggota Partai Demokrat, termasuk Maxine Waters, menentang RUU ini, berargumen bahwa RUU ini memiliki “kecacatan besar,” termasuk celah yang akan memungkinkan perusahaan komersial untuk menerbitkan uang mereka sendiri. Dengan perlawanan ini dan tantangan lainnya, masa depan RUU stablecoin masih belum pasti.

Pada akhirnya, meski RUU stablecoin telah mencapai tonggak penting, masih ada banyak tantangan yang harus dihadapi. Dengan perlawanan dari Partai Demokrat dan Gedung Putih, serta keraguan tentang efektivitas dan dampak RUU ini, masih banyak yang harus dilakukan sebelum RUU ini menjadi undang-undang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: