Senat AS Luncurkan RUU PROOF, Apakah Ini Solusi Atasi Krisis Crypto?

Senat AS Luncurkan RUU PROOF, Apakah Ini Solusi Atasi Krisis Crypto?

Dua senator AS dari partai berbeda telah memperkenalkan RUU yang mereka klaim akan mencegah keruntuhan seperti kasus FTX. RUU Proving Reserves of Others Funds (PROOF) adalah hasil pemikiran dari Sens. Thom Tillis (R-NC) dan John Hickenlooper (D-CO), yang berbagi rancangan legislasi pada hari Jumat. Simak berita lengkapnya berikut ini!

RUU PROOF: Solusi Atasi Krisis Crypto?

RUU PROOF bertujuan untuk melindungi dana pelanggan dari praktek penggabungan dana yang tidak etis dan memerlukan laporan bukti cadangan (PoR) bulanan dari firma audit pihak ketiga yang netral. Menurut RUU ini, bursa digital harus menetapkan standar akun dasar yang menjamin dana pelanggan.

Selain itu, RUU ini juga akan memerlukan verifikasi bukti kriptografis cadangan, bersama dengan bukti kewajiban perusahaan. Terakhir, RUU ini menetapkan serangkaian sanksi sipil, termasuk denda yang harus dibayar jika melakukan pelanggaran.

Nic Carter, seorang mitra di Castle Island Ventures, sebuah perusahaan investasi yang berfokus pada proyek-proyek terkait blockchain, memberikan saran kepada duo kongres yang memperkenalkan RUU ini. Meskipun dia tidak yakin tentang peluang RUU ini untuk disahkan, dia mengatakan “ada banyak hal yang bisa disukai oleh kaukus anti-crypto.”

Baca Juga: Meski Menghadapi Penolakan, RUU Stablecoin AS Lolos dari Persetujuan Komite Kongres!

Reaksi Industri dan Dampaknya bagi Masa Depan Crypto

RUU crypto
Sumber: Freepik Premium License

Carter memberi petunjuk kepada Partai Demokrat, yang sebagian besar tetap bertentangan dengan perkembangan industri crypto di Amerika Serikat. Namun, bukti cadangan tampaknya menjadi kebijakan publik yang dicari secara luas yang akan memberikan transparansi yang sangat dibutuhkan untuk industri ini.

Dennis Porter, pendiri dan CEO Satoshi Action Fund, sebuah kelompok advokasi nirlaba untuk kebijakan publik Bitcoin yang masuk akal, setuju, mengatakan, “kami secara luas setuju dengan ide PoR,” dan menunjuk RUU HB1666 Texas baru-baru ini sebagai “contoh bagus” dari persyaratan bukti cadangan di tingkat negara.

Alex Thorn, kepala penelitian perusahaan untuk Galaxy Research, dan pendukung crypto yang juga menawarkan bantuan kepada Kongres tentang RUU ini, mengatakan PoR telah “muncul sebagai langkah yang kuat, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keamanan konsumen dan kepatuhan regulasi.” Dia juga optimis bahwa inovasi semacam ini dapat melahirkan praktik terbaik di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: