Atasi Tindakan Ilegal, RUU Kejahatan Inggris Siap Bekukan Aset Crypto Lebih Cepat!

Atasi Tindakan Ilegal, RUU Kejahatan Inggris Siap Bekukan Aset Crypto Lebih Cepat!

Pemerintah Inggris telah mengusulkan RUU kejahatan yang bertujuan untuk memberikan kekuatan lebih kepada otoritas lokal dalam membekukan aset crypto dengan cepat. RUU ini, yang dikenal sebagai Economic Crime and Corporate Transparency Bill, diperkenalkan pada September 2022 dan saat ini sedang dalam tahap akhir persetujuan di Parlemen. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Apa yang Dimaksud dengan RUU Kejahatan Baru Ini?

ruu kejahatan crypto inggris
Sumber: UK Parliament

Dilansir dari Watcher Guru, saat ini, aset crypto yang terkait dengan kegiatan ilegal dapat dibekukan tetapi tidak dapat disita kecuali ada penangkapan atau hukuman.

RUU baru ini akan menghapus kebutuhan untuk penangkapan atau hukuman sebelum membekukan aset. Namun, secara teknis, penyitaan aset masih memerlukan penangkapan atau hukuman di pengadilan.

RUU ini juga menyatakan bahwa aset dapat disita melalui proses pengadilan atau kekuatan penyitaan sipil.

Baca Juga: Diam-diam Punya Ambisi Terhadap Crypto, Pemerintah Inggris Berencana Rilis NFT!

Dampak RUU Terhadap Kejahatan Crypto

Menurut para ahli, RUU ini akan membantu mencegah aset yang terkait dengan kejahatan dipindahkan sebelum disita.

Pada banyak kesempatan, pelaku ilegal berhasil memindahkan dana kejahatan ke luar negeri sebelum penyitaan. RUU ini bertujuan untuk mengatasi masalah ini.

Louise Abbott, mitra di Keystone, menyatakan bahwa RUU baru ini akan menjadi alat yang kuat dan diharapkan akan melihat peningkatan signifikan dalam aset digital yang berhasil diperoleh kembali.

Baca Juga: Perangi Kejahatan Crypto, NCA Inggris Perketat Regulasi dengan Perekrutan Investigator Baru

Tanggapan dan Dukungan Terhadap RUU

Phil Ariss, direktur hubungan sektor publik U.K. di TRM Labs, menyatakan bahwa RUU ini akan digunakan ketika aset telah diidentifikasi, tautan signifikan ke kejahatan dapat dibuktikan, tetapi subjek penyelidikan kemungkinan tidak akan menghadapi keadilan di U.K.

Ariss, mantan kepala crypto di UK National Police Chiefs’ Council cybercrime unit, saat ini sedang cuti dari kepolisian.

Menurut Isabella Chase, penasihat kebijakan senior di TRM Labs, Inggris berencana menghabiskan $124 juta untuk memerangi kejahatan ekonomi, yang 50% lebih banyak dari jumlah yang dihabiskan pada tahun 2020.

RUU kejahatan baru ini menunjukkan komitmen Inggris untuk mengatasi tantangan yang terkait dengan aset crypto dan kejahatan. Dengan kemampuan untuk membekukan aset dengan lebih cepat, otoritas setempat akan memiliki alat yang lebih efektif untuk menangani kegiatan ilegal yang terkait dengan crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: