RUU Donasi Politik Cryptocurrency Kansas Ditunda Hingga 2024, Ada Apa?

author:

RUU Donasi Politik Cryptocurrency Kansas Ditunda Hingga 2024, Ada Apa?

Kansas, salah satu negara bagian di Amerika Serikat, sedang menghadapi dilema terkait donasi cryptocurrency dalam kampanye politik. RUU yang awalnya diajukan untuk mengatur donasi kripto dalam kampanye politik kini ditunda hingga 2024.

Isi RUU dan Alasan Penundaannya

penundaan ruu donasi crypto
RUU crypto Kansas HB 2167 telah ditunda hingga 8 Januari 2024. Sumber: kslegislature.org

RUU, dikenal sebagai House Bill 2167 (HB 2167), diajukan pada Januari 2023. RUU ini bertujuan untuk membatasi semua donasi politik dalam cryptocurrency sebesar $100 untuk setiap pemilihan primer atau pemilihan umum di negara bagian Kansas. Selain itu, RUU ini juga mengharuskan politisi untuk segera mengonversi donasi cryptocurrency ke dolar AS, melarang penggunaan dana tersebut sebagai aset kampanye jangka panjang.

Namun, RUU ini kemudian dikeluarkan dari kalender legislatif karena tidak mematuhi Rule 1507 negara bagian, yang menetapkan batas waktu ketat untuk RUU tertentu. Sebelumnya, RUU ini telah disarankan untuk disetujui oleh Komite Pemilihan DPR Kansas dengan beberapa amandemen.

“Mengubah undang-undang keuangan kampanye untuk mengatur dan membatasi penggunaan mata uang kripto dan melarang penggunaan dana politik apa pun yang dikumpulkan oleh kandidat atau komite kandidat untuk calon pejabat federal.”

Penundaan ini terjadi di tengah perdebatan mengenai transparansi dan legitimasi donasi politik yang dibuat dalam cryptocurrency, terutama setelah runtuhnya bursa FTX yang kontroversial.

Baca juga: Ketua The Fed, Jerome Powell, Ungkap Dampak Keputusan Suku Bunga Terhadap Pasar Crypto!

Kontroversi Donasi Cryptocurrency dalam Politik

Penggunaan cryptocurrency untuk donasi politik telah menjadi isu yang kontroversial, terutama setelah kebangkrutan bursa FTX dan masalah hukum yang dihadapi pendirinya, Sam Bankman-Fried. Bankman-Fried, yang membantah tuduhan penipuan, pencucian uang, dan kejahatan lainnya terkait dengan runtuhnya FTX, adalah salah satu donor politik terbesar di Amerika Serikat.

Kansas Governmental Ethics Commission pada tahun 2017 menyatakan bahwa kontribusi cryptocurrency adalah “terlalu rahasia”. Hal ini sejalan dengan pendirian otoritas California yang awalnya melarang donasi politik crypto pada tahun 2018, namun kemudian membatalkan keputusan tersebut pada Juli 2022.

Dengan meningkatnya perhatian terhadap cryptocurrency dan potensi dampaknya pada politik, banyak negara bagian dan negara lainnya mungkin akan mempertimbangkan kembali pendekatan mereka terhadap donasi crypto dalam kampanye politik.

Pada akhirnya, meskipun RUU donasi crypto di Kansas saat ini tertunda, perdebatan mengenai peran cryptocurrency dalam politik terus berlanjut.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: