Senator AS Elizabeth Warren Dukung RUU Anti-Money Laundering Crypto!

Senator AS Elizabeth Warren Dukung RUU Anti-Money Laundering Crypto!

Senator Elizabeth Warren telah mendapatkan dukungan tambahan untuk RUU Anti-Money Laundering Aset Digitalnya. Dengan sembilan senator AS yang baru bergabung, RUU ini menunjukkan momentum yang kuat dalam upaya untuk meningkatkan pengawasan regulasi terhadap industri crypto yang berkembang pesat. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Detail RUU dan Dukungan yang Diterima

detail ruu crypto anti money laundering
Sumber: The Coin Republic

RUU ini, yang dikenal sebagai Digital Asset Anti-Money Laundering Act, bertujuan untuk meningkatkan pengawasan regulasi dalam industri crypto. Ini dilakukan dengan menangani celah hukum yang ada dan menyelaraskan ekosistem aset digital dengan kerangka kerja anti-pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme yang mengatur sistem keuangan yang lebih luas.

Sembilan senator AS tambahan telah memberikan dukungan mereka, termasuk Ketua Komite Keamanan Dalam Negeri Gary Peters (D-Mich.) dan Ketua Komite Yudisial Dick Durbin (D-Ill.). Senator lain yang mendukung termasuk Tina Smith, Angus King, Michael Bennet, Bob Casey, Catherine Cortez Masto, Jeanne Shaheen, dan Richard Blumenthal.

Dengan tambahan ini, total senator yang mendukung RUU ini menjadi 12, dengan Senator Roger Marshall sebagai sponsor utama. Senator lain yang terlibat dalam RUU ini adalah Joe Manchin dan Lindsey Graham.

Baca Juga: Senator AS: “Saya Suka Bitcoin Tidak Dapat Dihentikan”

Tujuan dan Implikasi RUU

RUU ini mencari cara untuk memperluas cakupan Bank Secrecy Act dan menerapkan persyaratan kenal-pelanggan (KYC) untuk penyedia dompet aset digital, penambang, dan peserta lainnya dalam jaringan crypto.

Senator Manchin menekankan bahwa legislasi ini bertujuan untuk mengurangi risiko keamanan yang terkait dengan platform crypto, memaksa mereka untuk mematuhi regulasi AML yang sama seperti bank tradisional.

RUU ini juga mendapat dukungan dari berbagai organisasi, termasuk AARP, yang menyatakan dukungannya melalui surat kepada para pembuat undang-undang pada bulan Juli.

Baca Juga: Senator Wanita Amerika Ini Bangkitkan Kembali Upaya Regulasi Crypto di Tengah Gugatan SEC

Sejarah Anti-Crypto Senator Warren

sejarah anti crypto warren
Sumber: Bitcoin News

Senator Warren memiliki sejarah panjang kebijakan anti-crypto. Dia pernah menggambarkan crypto sebagai “metode pilihan” yang digunakan oleh negara-negara yang dikenai sanksi seperti Irak dan Rusia.

Selain itu, senator ini pernah mengungkapkan rencananya untuk “membangun tentara anti-crypto” di AS selama kampanye pemilihannya kembali pada bulan Maret.

Meskipun memiliki pandangan kritis terhadap kripto, dukungan yang diterima RUU ini menunjukkan urgensi dan kebutuhan untuk regulasi yang lebih ketat di industri ini.

Dengan meningkatnya dukungan untuk RUU Anti-Pencucian Uang Aset Digital, tampaknya industri crypto AS akan menghadapi perubahan regulasi yang signifikan dalam waktu dekat. Bagaimanapun, langkah ini dapat meningkatkan kepercayaan publik dan stabilitas di pasar crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

    Referensi: