Rusia Kalahkan Amerika Serikat dalam Keuntungan Penambangan Bitcoin!

author:

Rusia Kalahkan Amerika Serikat dalam Keuntungan Penambangan Bitcoin!

Dunia crypto baru-baru ini dikejutkan dengan berita bahwa penambangan Bitcoin di Rusia lebih menguntungkan daripada di Amerika Serikat. Hal ini diungkapkan oleh kepala perusahaan penambangan crypto terbesar di Rusia, BitRiver.

Mari kita selami lebih dalam apa yang membuat Rusia lebih unggul dalam hal ini dan dampaknya terhadap industri crypto.

Keuntungan Penambangan Bitcoin di Rusia

Igor Runets, Pendiri dan CEO BitRiver, menyatakan bahwa penambangan Bitcoin di Rusia saat ini lebih menguntungkan daripada di AS. Menurutnya, rata-rata penambang crypto di Rusia saat ini menghabiskan sekitar $15.000 untuk menambang satu Bitcoin, sedangkan rekan-rekan mereka di AS menghabiskan rata-rata $23.000.

Baca juga: Penurunan Kesulitan Penambangan Bitcoin: Lega di Tengah Dinginnya Texas

Runets juga memperkirakan bahwa setelah peristiwa pemotongan hadiah blok Bitcoin (halving) berikutnya, penambang Rusia akan perlu mengeluarkan $24.000 per Bitcoin, sementara penambang Amerika kemungkinan perlu mengeluarkan $37.000.

Halving ini diharapkan akan terjadi pada April tahun ini dan diharapkan akan mengurangi hadiah blok penambang sebesar 50%.

Faktor yang Mendorong Keuntungan di Rusia

rusia binance
Sumebr: PYMNTS

Runets menambahkan bahwa industri penambangan crypto industri di Rusia memiliki keunggulan yang tidak terbantahkan dibandingkan AS. Penambang Rusia dapat mengakses “jumlah kapasitas bebas yang signifikan” dan menikmati “iklim yang sebagian besar dingin.”

Selain itu, penambang Rusia umumnya dapat mengakses harga listrik yang lebih menarik daripada rekan-rekan mereka di AS.

CEO BitRiver juga mengklaim bahwa “keseimbangan energi” Rusia adalah “salah satu yang terhijau di dunia” karena “porsi tinggi pembangkit listrik tenaga air dan nuklir” di negara tersebut.

Jika penambang Rusia ingin memanfaatkan keuntungan ini, mereka perlu “menggunakan peralatan yang modern, efisien, dan berkinerja tinggi.”

Baca juga: 3 Negara Penambang Bitcoin Terbesar di Dunia pada Tahun 2023!

Proyeksi Masa Depan Penambangan Bitcoin di Rusia

Runets berpendapat bahwa Bitcoin bisa menyamai harga tertinggi sepanjang masa sebesar $69.000 sebelum akhir tahun ini. Dia mengklaim bahwa “jika Departemen Keuangan AS dan Komisi Sekuritas dan Bursa AS tidak memperketat regulasi crypto, BTC mungkin akan mencoba menembus tanda $100.000.”

BitRiver telah meminta pembuat undang-undang Rusia untuk memberikan perusahaan penambangan lebih banyak akses ke sumber daya energi seperti gas terkait di lokasi pengeboran minyak. Perusahaan tersebut mengatakan bahwa hal ini dapat membantu Rusia “menjadi pemimpin dunia” dalam ruang penambangan crypto “dalam dua hingga tiga tahun.”

Berita tentang keuntungan penambangan Bitcoin di Rusia yang lebih tinggi daripada di AS menandai perubahan penting dalam dinamika industri crypto. Dengan kondisi iklim dan harga listrik yang lebih menguntungkan, Rusia muncul sebagai pemain kunci dalam ruang penambangan crypto.

Ke depannya, ini bisa berdampak signifikan pada distribusi kekuatan penambangan global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: