Rusia Uji Coba Sistem Baru untuk Melacak Keterkaitan Kripto-ke-Fiat

author:

Rusia Uji Coba Sistem Baru untuk Melacak Keterkaitan Kripto-ke-Fiat

Jakarta, Pintu News – Dilansir dari RBC, Bank Rusia bersama Rosfinmonitoring, badan intelijen keuangan utama negara itu, sedang mengerjakan sebuah platform untuk mendeteksi hubungan antara operasi fiat dan transaksi kripto di tengah upaya untuk mengevaluasi ukuran pasar kripto lokal.

Uji Coba “Know Your Crypto Client” Rusia dengan Bank

Sumber: VOI

Rusia dikabarkan ingin mengatur aset digital setelah uji coba “Know Your Crypto Client” dengan bank. Bank Rusia dan Rosfinmonitoring (RFM), badan intelijen keuangan negara itu, sedang membangun platform untuk mengidentifikasi tautan kripto-ke-fiat pengguna di tengah upaya untuk mengembangkan kerangka peraturan aset digital yang komprehensif.

Baca juga: Bank Besar Rusia Luncurkan Aset Keuangan Digital dan NFT, Tantang Dolar AS?

Saat berbicara di sebuah forum yang diselenggarakan oleh RFM, Direktur Manajemen Portofolio Inotech, Ilya Bushmelev, mengungkapkan bahwa platform tersebut saat ini sedang menjalani uji coba oleh “lima bank besar”, termasuk lembaga kredit, akan terus menguji platform tersebut hingga akhir Mei tahun ini.

Hasil pengujian ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi regulasi kripto yang efektif di Rusia.

Sedikit informasi, Inotech adalah mitra teknologi RFM dalam menciptakan Transparent Blockchain, alat Rusia untuk menganalisis transaksi kripto.

“Berdasarkan hasil uji coba, pemahaman dasar tentang tindakan dan alat yang diperlukan bagi pemberi pinjaman keuangan dalam hal melakukan kepatuhan kripto harus dibentuk.” kata Ilya Bushmelev

Pihak Berwenang Kemungkinan Mengembangkan Pendekatan Metedologis

Sementara itu, kepala Rosfinmonitoring, Alexander Kuryanov, mencatat di forum yang sama bahwa lembaga keuangan sekarang sedang menguji “skenario untuk menghubungkan transaksi fiat klien dengan transaksinya di sirkuit non-fiat.”

Menurut Kuryanov, ini akan memungkinkan pihak berwenang untuk mengembangkan “pendekatan metodologis” dan rekomendasi tertentu yang dapat disebut sebagai “pengaturan,” yang mencerminkan upaya berkelanjutan Rusia untuk menavigasi kompleksitas pengawasan kripto.

Dengan regulasi yang efektif dalam lanskap kripto, Rusia dapat meningkatkan penilaiannya oleh FATF, Satuan Tugas Anti Pencucian Uang Internasional. Pada bulan Februari, FATF menurunkan salah satu peringkat Rusia karena kekurangan dalam pengawasan aset digital.

Baca juga: Franklin Templeton Tokenisasi Dana Pemerintah AS Senilai $360 Juta di Polygon dan Stellar!

Upaya Rusia dalam Mengatur Kripto

Inisiatif terbaru ini mencerminkan upaya berkelanjutan Rusia untuk menavigasi kompleksitas lanskap kripto.

Pada bulan Oktober 2023, anggota parlemen Rusia, Anton Tkachev, mengungkapkan bahwa sebuah bank Rusia telah memulai pelacakan aktivitas kripto nasabahnya sebagai bagian dari dorongan pemerintah untuk membangun kerangka peraturan bagi keterlibatan perusahaan negara di sektor tersebut.

Namun, belum ada pengumuman publik mengenai hasil uji coba tersebut sejauh ini.

Sementara itu, pihak berwenang di AS dan Inggris sedang meneliti transaksi kripto untuk kemungkinan hubungan dengan Rusia, menunjukkan bahwa operasi yang melebihi $20 miliar mungkin telah mengalir melalui bursa kripto Rusia yang dikenai sanksi, Garantex.

Masih belum jelas apakah bank sentral Rusia dan Rosfinmonitoring secara khusus menargetkan transaksi yang terkait dengan Garantex atau bertujuan untuk mengidentifikasi semua aktivitas kripto dalam sektor keuangan tradisional.

Secara keseluruhan, upaya Rusia untuk mengatur pasar kripto terus berlanjut dengan uji coba sistem baru untuk melacak hubungan antara transaksi kripto dan operasi fiat.

Uji coba platform baru ini melibatkan lima bank besar dan bertujuan untuk membangun pemahaman dasar tentang tindakan dan alat yang diperlukan bagi lembaga keuangan terkait kepatuhan kripto.

Inisiatif ini mencerminkan upaya berkelanjutan Rusia untuk menavigasi kompleksitas lanskap kripto dan meningkatkan penilaiannya oleh FATF.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Featured Image: PYMNTS