Rusia Perluas Cakupan Digital Ruble, Langkah Besar Menuju Pembayaran Lintas Batas!

Rusia Perluas Cakupan Digital Ruble, Langkah Besar Menuju Pembayaran Lintas Batas!

Rusia telah mengumumkan bahwa mereka akan memulai uji coba digital ruble dengan konsumen pada tanggal 15 Agustus 2023. Keputusan ini datang setelah fase pengujian yang panjang dengan berbagai bank, menunjukkan upaya serius Moskow untuk memperluas cakupan pembayaran lintas batasnya. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Digital Ruble: Mata Uang Digital dari Bank Sentral

digital ruble rusia
Sumber: Bitcoinist

Dilansir dari Coindesk, Bank of Russia (BoR) telah mengungkapkan rencananya untuk memulai operasi pengujian untuk mata uang digital bank sentral Rusia dengan digital ruble. Uji coba ini akan melibatkan partisipasi dari 13 bank dan sekelompok kecil klien mereka.

Olga Skorobogatova, wakil gubernur pertama Bank of Russia, menekankan bahwa uji coba dengan digital ruble asli merupakan fase krusial dalam proyek ini. Tujuan utamanya adalah untuk memeriksa fungsionalitas platform digital ruble dalam konteks industri dan memastikan pengalaman yang mudah dimengerti bagi pengguna.

Baca Juga: Bank Sentral Rusia Siapkan Digital Ruble untuk Transaksi Internasional!

Fokus Uji Coba dan Ekspansi

Fase awal dari program uji coba akan berfokus pada proses dasar seperti pendirian dan pendanaan akun digital ruble, transaksi antar individu, dan penggunaan kode QR untuk transaksi. Partisipan dalam inisiatif uji coba ini akan memiliki kesempatan untuk menggunakan digital ruble untuk pembayaran di 30 toko ritel di 11 kota di Rusia.

Pada tahun 2024, berbagai transaksi akan ditingkatkan, termasuk skenario pembayaran tambahan dengan kode QR dinamis dan transfer antar entitas hukum. Selain itu, cakupan template untuk pembayaran otomatis sederhana akan diperluas.

Baca Juga: Resmi! Presiden Rusia Vladimir Putin Telah Menandatangani Undang-Undang CBDC Rubel Digital

Masa Depan Digital Ruble

Digital ruble dijadwalkan untuk diperkenalkan secara luas pada tahun 2025. Tahun depan, bank sentral akan memperluas daftar peserta, dengan 19 bank lainnya yang ingin bergabung dalam uji coba.

Skorobogatova menambahkan bahwa skema ini pada akhirnya akan memungkinkan Rusia untuk mengembangkan pembayaran lintas batas dengan negara-negara lain yang menerbitkan mata uang digital. Ini menunjukkan visi jangka panjang Rusia untuk digital ruble dalam skenario pembayaran global.

Dengan memperkenalkan digital ruble, Rusia mengambil langkah besar menuju modernisasi sistem keuangannya dan memperkuat posisinya dalam ekonomi digital global. Inisiatif ini menunjukkan komitmen negara tersebut untuk berinovasi dan beradaptasi dengan tren global dalam teknologi keuangan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: