Rusia Bersiap Menindak Tegas Mata Uang Kripto dengan Undang-undang Baru!

author:

Rusia Bersiap Menindak Tegas Mata Uang Kripto dengan Undang-undang Baru!

Jakarta, Pintu News – Baru-baru ini, Rusia dikabarkan sedang mempertimbangkan tindakan keras terhadap mata uang kripto dalam upaya untuk mengendalikan pasar yang sebelumnya sebagian besar beroperasi di bawah radar.

Duma Negara, majelis rendah Parlemen Rusia, saat ini sedang mempertimbangkan sebuah rancangan undang-undang tentang regulasi mata uang kripto di Rusia.

Pembatasan Penambangan Kripto

Dokumen tersebut menetapkan larangan komprehensif pada pembentukan sirkulasi mata uang kripto pada 1 September 2024, dengan pengecualian untuk penambang yang terdaftar secara resmi dan inisiatif yang disetujui oleh bank sentral Rusia.

Baca juga: Perusahaan Energi Rusia Bersiap ‘Memburu’ Penambang Kripto Pribadi!

Menurut proposal tersebut, hanya perusahaan Rusia dan pengusaha perorangan yang terdaftar dalam daftar khusus yang akan diizinkan untuk menambang mata uang kripto.

Orang-orang pribadi akan diizinkan untuk menambang mata uang kripto tanpa harus masuk dalam daftar tersebut selama mereka mematuhi peraturan konsumsi energi pemerintah, yang mungkin akan mencegah mereka melakukan aktivitas penambangan.

RUU ini juga melarang iklan mata uang digital dan pengaturan peredarannya.

Legislator Rusia Berusaha Cegah Tindakan Kriminal

Para penambang Rusia sekarang akan diwajibkan oleh hukum untuk menyerahkan seluruh jumlah mata uang kripto yang telah mereka tambang kepada kantor pajak, bersama dengan alamat kripto tempat uang hasil penambangan disimpan.

Legislator menegaskan bahwa tujuan dari ketentuan ini adalah untuk mencegah dana ini digunakan “untuk pencucian uang, pendanaan terorisme, atau tindakan kriminal lainnya.”

Selain itu, pihak berwenang akan memiliki wewenang untuk sepenuhnya melarang penambangan mata uang kripto di beberapa bagian tertentu di negara ini.

Pada musim panas 2023, kementerian keuangan Rusia menyarankan untuk melarang organisasi peredaran mata uang kripto, dengan pengecualian stablecoin dan penjualan koin oleh penambang.

Namun, inisiatif tersebut digagalkan oleh dinas rahasia Rusia FSB dan komite investigasi.

Baca juga: Pendiri Cardano Charles Hoskinson Sebut Donald Trump Lebih Baik dari Joe Biden untuk Kripto!

Undang-undang saat ini diperkenalkan di Duma Negara beberapa waktu lalu, tetapi tampaknya menjadi prioritas yang lebih rendah di antara para legislator.

Namun, pihak berwenang Rusia sekarang berlomba dengan RUU tersebut untuk mengambil alih kendali sirkulasi kripto sebagai tanggapan atas masalah penyelesaian dalam aktivitas ekonomi luar negeri yang disebabkan oleh sanksi yang diberlakukan setelah dimulainya perang di Ukraina.

Rusia Siap Sahkan Undang-undang Baru di Musim Semi

Kementerian keuangan, bank sentral, dan layanan pengawasan keuangan negara telah menyatakan bahwa undang-undang tersebut akan disahkan pada akhir sesi musim semi Duma Negara.

RUU ini merupakan berita positif bagi perusahaan listrik, yang sebelumnya telah berjuang untuk menunjukkan bahwa penambang kripto yang berbasis di Rusia digunakan untuk tujuan komersial.

Pengenalan registri penambang kripto diharapkan dapat menyelesaikan masalah ini. Namun, ketidakmampuan untuk mengakses listrik murah dapat memaksa beberapa penambang mata uang kripto gulung tikar atau pindah ke negara lain.

Sebelumnya pada bulan Mei, pihak berwenang Rusia mengungkapkan niat mereka untuk menuntut penambang kripto swasta yang secara tidak sah terhubung ke jaringan nasional.

Menurut sebuah laporan, sebuah kelompok ahli yang ditunjuk pemerintah telah mengusulkan denda yang tinggi untuk konsumen listrik rumah yang melebihi konsumsi yang ditentukan.

Pihak berwenang dilaporkan telah mempertimbangkan rencana untuk menindak para penambang kripto yang menggunakan rumah hunian sebagai sarana untuk mengurangi gangguan listrik di area tertentu di negara ini.

Laporan tersebut mengungkapkan bahwa hukuman yang akan dikenakan akan dihitung dengan menggunakan tarif komersial yang biasanya berlaku untuk perusahaan industri.

Sementara itu, pada 27 April, seorang anggota parlemen Rusia mengklarifikasi bahwa negara tersebut tidak berencana untuk melarang perputaran kripto di negara tersebut, mengkritik outlet berita karena membuat berita utama yang sensasional alih-alih memeriksa faktanya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: PYMNTS