Federasi Rusia Beberkan Rencana Legalisasi Penambangan Crypto pada tahun 2024

author:

Federasi Rusia Beberkan Rencana Legalisasi Penambangan Crypto pada tahun 2024

Setelah laporan Bitcoin News (2/6/23), bahwa beberapa perusahaan mendesak Presiden Putin untuk mendukung legalisasi pembayaran crypto, kini seorang pejabat tinggi Federasi Rusia dikabarkan telah mengisyaratkan bahwa negara tersebut akan melegalkan aktivitas penambangan crypto pada tahun 2024 mendatang.

Rusia Dikabarkan Siap Mengadopsi RUU Penambangan Crypto

rusia penambang crypto
Sumber: Tech Republic

Menurut laporan Cryptoslate (16/6/23), penambangan crypto dapat dilegalkan di Rusia paling cepat pada tahun 2024, menurut Ketua Komite Duma Negara untuk Pasar Keuangan Anatoly Aksakov.

Aksakov berkomentar di Forum Ekonomi Internasional St Petersburg 2023 tentang peran yang dapat dimainkan oleh pertambangan crypto dalam perekonomian Rusia. Menurut penerjemah bahasa Inggris acara tersebut, legislator tersebut menyatakan bahwa pembacaan pertama dari empat RUU yang akan melegalkan penambangan crypto di Rusia dijadwalkan pada bulan Juli, dan Negara Duma akan mengadopsi RUU tersebut.

Baca juga: Selesaikan Penelitian, Bank Sentral Inggris Siap Luncurkan CBDC?

Selain mengatur penambangan crypto, RUU tersebut akan mencakup topik-topik seperti peraturan penambangan crypto, perpajakan penambang, dan hukuman untuk kegiatan penambangan ilegal.

Menurut Kementerian Keuangan Rusia, para penambang di negara tersebut menghasilkan sekitar $4 miliar crypto, yang mana menghasilkan sekitar $1,2 miliar keuntungan. Kementerian juga menekankan peran Rusia yang terus berkembang dalam ruang pertambangan, menyoroti bahwa Rusia menghasilkan kekuatan pertambangan terbesar kedua di dunia.

Rusia Rangkul Crypto untuk Transaksi Internasional

Mengutip laporan Cryptoslate, antisipasi otoritas Rusia dengan crypto bukan tentang adopsi internal tetapi penggunaannya untuk transaksi lintas batas. Ini berarti bahwa mereka melihat potensi mata uang crypto untuk memfasilitasi perdagangan dan transaksi internasional, mungkin dengan mengurangi biaya dan waktu yang biasanya diperlukan untuk transaksi lintas batas.

Dengan negara yang menghadapi sanksi dari berbagai kekuatan dunia atas invasinya ke Ukraina, pihak berwenang telah mencari cara untuk mengurangi dampak pada perdagangan internasional.

Aksakov mencatat bahwa mata uang crypto yang ditambang akan digunakan untuk penyelesaian lintas batas dengan mitra asing. Hal ini sejalan dengan laporan sebelumnya bahwa Bank Sentral negara tersebut ingin mengizinkan entitas Rusia untuk mendirikan organisasi resmi khusus untuk penambangan mata uang crypto.

Selain itu, regulator, yang memiliki sikap anti-crypto, mendukung penggunaan crypto untuk pembayaran internasional. Pasalnya, baru-baru ini salah satu bank terbesar di Federasi Rusia, Rosbank, menunjukkan niat untuk mendukung pembayaran barang dan jasa impor dalam bentuk crypto. Bank tersebut menyatakan bahwa transaksi ini akan secara ketat mematuhi persyaratan legislatif yang ada.

Presiden Putin Diminta untuk Melegalkan Pembayaran Crypto

Di sisi lain, pada awal bulan Juni 2023 lalu, Bitcoin News melaporkan bahwa perusahaan-perusahaan Rusia meminta bantuan dari Kremlin dalam upaya melegalkan mata uang crypto yang terdesentralisasi seperti Bitcoin (BTC). Permintaan mereka telah dimasukkan dalam laporan tahunan Ombudsman Bisnis Rusia, Boris Titov, kepada Presiden Vladimir Putin.

Rekomendasi tersebut dituangkan dalam sebuah makalah berjudul “Masalah Bisnis Utama di bawah Sanksi dan Transformasi Struktural pada tahun 2023” yang diproduksi oleh Institut Komisaris Perlindungan Hak Pengusaha di bawah Presiden Federasi Rusia.

Baca juga: Siap-Siap, Ukraina Rencanakan Pajak 18% atas Keuntungan Crypto Mulai 2024!

Di antara saran-saran lainnya, para penulis mendesak untuk mengizinkan penggunaan mata uang crypto dalam penyelesaian internasional. Lebih khusus lagi, mereka mengusulkan untuk melegalkan pembayaran crypto lintas batas dengan undang-undang khusus sehingga mata uang crypto dapat digunakan dalam transaksi dengan mitra di luar negeri.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


Referensi: