Rusia Luncurkan Mata Uang Digital, Pajak Tak Lagi Menakutkan!

Rusia Luncurkan Mata Uang Digital, Pajak Tak Lagi Menakutkan!

Kabar gembira bagi kamu yang mengikuti perkembangan mata uang digital, Rusia baru saja mengambil langkah besar. Dengan pengesahan undang-undang pajak terbaru, penggunaan Rubel Digital kini semakin nyata dan menguntungkan. Inilah era baru transaksi keuangan yang menjanjikan kemudahan dan insentif menarik, termasuk pembebasan PPN! Simak berita lengkapnya berikut ini!

Integrasi Rubel Digital ke Dalam Sistem Pajak

Rusia telah resmi memasukkan Rubel Digital ke dalam sistem perpajakan mereka dengan undang-undang yang disahkan pada 7 Desember 2023. Undang-undang ini akan efektif mulai 1 Januari 2025, menandai hitung mundur penggunaan Rubel Digital oleh publik. Definisi “Akun Rubel Digital” kini menjadi bagian dari kode pajak, memberikan landasan bagi integrasi mata uang digital ini dalam transaksi sehari-hari.

Kamu akan menemukan bahwa prosedur perpajakan untuk transaksi Rubel Digital mirip dengan transaksi rekening bank biasa. Namun, ada keistimewaan, seperti pembebasan PPN untuk transfer dan remitansi menggunakan Rubel Digital. Ini adalah langkah strategis untuk mempercepat adopsi mata uang digital ini dalam kegiatan ekonomi.

Baca Juga: G20 Setuju dengan Rekomendasi FSB: Apakah India Akan Mengikuti Jejak untuk Regulasi Crypto?

Inisiatif Pembebasan PPN dan Kemungkinan Kerjasama Internasional

crypto tax rusia
Sumber: Bitcoin News

Salah satu insentif yang paling menarik adalah pembebasan PPN untuk transaksi yang menggunakan Rubel Digital. Ini bukan hanya akan memotivasi penggunaan domestik, tetapi juga bisa membuka peluang kerjasama dengan negara-negara seperti China. Bayangkan, perdagangan antara Rusia dan China bisa bebas PPN, sebuah langkah yang bisa menggoyang dominasi sistem SWIFT.

Kemungkinan ini masih hipotetis, namun sangat mungkin terjadi. Jika terwujud, ini akan menjadi dorongan besar bagi investor dan pedagang untuk beralih ke penggunaan mata uang digital. Rusia tampaknya serius dalam mendorong penggunaan Rubel Digital sebagai alternatif dalam transaksi internasional.

Baca Juga: Bitcoin Berpotensi ke $48.000 Sebelum Halving 2024? Ini Prediksi VanEck!

Regulasi Pajak dan Kontrol Otoritas Pajak

Dalam hal perhitungan pajak penghasilan pribadi, tanggal penerimaan pendapatan akan ditetapkan pada saat transfer Rubel Digital ke akun pengguna. Untuk transaksi yang melibatkan organisasi, undang-undang baru ini menyediakan prosedur pengakuan pendapatan dan pengeluaran berdasarkan basis akrual dan kas.

Lebih lanjut, otoritas pajak diberi wewenang untuk menangguhkan operasi pada akun Rubel Digital. Operator platform Rubel Digital juga akan diatur dalam hal kepatuhan terhadap kontrol pajak, dengan sanksi yang jelas bagi yang tidak mematuhi. Bahkan, Rubel Digital dapat disita jika ditemukan kekurangan dana, termasuk logam mulia, pada berbagai akun wajib pajak.

Dengan langkah maju ini, Rusia tidak hanya memperkuat posisi Rubel Digital tetapi juga menunjukkan komitmennya terhadap masa depan transaksi keuangan digital. Sebagai pengguna, kamu kini memiliki kesempatan untuk menjadi bagian dari revolusi ini. Bersiaplah untuk menyambut era baru di mana mata uang digital tidak hanya nyata, tetapi juga diatur dengan bijak untuk keuntungan semua pihak.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: